Elon Musk Pamer Jet Pribadinya Terbang 9 Menit, Netizen: Munafik

Elon Musk.
Sumber :
  • Marca

VIVA – Bukan Elon Musk namanya jika tak membuat publik heboh dengan polah tingkahnya. Belum selesai perseteruan dengan Twitter dan masalah keluarga, kini ia membuat masyarakat dunia digital alias netizen kembali geram.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Hal itu karena berhubungan dengan jet pribadi miliknya, yang diklaim Elon Musk mampu terbang 9 menit dari San Jose ke San Francisco – keduanya di Amerika Serikat (AS).

Pendiri SpaceX dan Tesla ini juga mengaku perjalanan udaranya hanya menempuh jarak 35 mil atau 56,3 km. Sontak, para pengguna Twitter atau netizen langsung melacak pergerakan mogul teknologi tersebut.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Penerbangan super pendek itu melintasi Teluk San Francisco terjadi pada 6 Mei, tetapi pengguna Twitter secara luas membagikan peta satelit yang menunjukkan jalur penerbangan pesawat selama akhir pekan, dengan banyak yang mengungkapkan kemarahan atas jejak karbon yang ditinggalkan oleh kepala perusahaan mobil listrik tersebut.

"Elon Musk mengambil penerbangan 9 menit ke San Francisco dari San Jose, yang berjarak hanya 5 pemberhentian di Caltrain," tulis akun Hayden Clarkin, merujuk pada kereta komuter lokal yang menghubungkan San Francisco dengan kota-kota di selatannya di sepanjang Teluk. "Saya benar-benar tidak punya kata-kata."

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Menurut peta, pesawat Musk terbang sekitar 35 mil dari Bandara Internasional San Jose ke Bandara Internasional San Francisco, AS. Dengan mobil, perjalanan hanya akan ditempuh selama 40 menit berkendara, tergantung pada lalu lintas.

Ken Klippenstein memposting tweet yang menyandingkan peta jalur penerbangan pendek dengan pesan dari Musk di mana dia menulis: "Tesla ada untuk membantu mengurangi risiko bencana perubahan iklim, yang mempengaruhi semua spesies di Bumi. Bahkan jika kepercayaan Anda pada kemanusiaan goyah, ini tetap layak untuk diperhatikan. Dukungan membuat perbedaan. Terima kasih.” tulis Musk di Twitternya pada 2018.

Editor New York Times dan pembawa acara CNBC, Andrew Ross Sorkin memberikan penjelasan alternatif mengapa Musk melakukan hal tersebut. "Pesawat itu kemungkinan hanya sedang 'direposisi' - seperti di dalam pesawat sedang duduk di satu bandara dan kemudian dipindahkan ke bandara lain untuk menjemput penumpangnya," cuit Sorkin.

“Ini terjadi sepanjang waktu. Pesawat sering duduk di bandara yang kurang sibuk dan kemudian terbang ke bandara lain yang dekat.” tulis Sorkin lebih lanjut. Namun, tentu saja pembelaan tersebut ditepis oleh netizen dan tetap berkata bahwa Elon Musk munafik. “Bagaimana pun, itu masih penerbangan yang sangat pendek dan boros, membawa penumpang atau tidak. Lucu jika melihatnya sebagai tugas Anda untuk membela ekses miliarder yang tidak masuk akal.” sangkal netizen.

Jack Sweeney, seorang mahasiswa berusia 19 tahun yang ahli teknologi, membuat akun Twitter @ElonsJet, yang selalu memberikan update rutin tentang penerbangan yang diambil oleh manusia terkaya di dunia itu dengan pesawat pribadinya. Musk, yang mengatakan bahwa akun itu berisiko keamanan, sangat khawatir dengan akun Twitter Sweeney, sehingga dia menghubungi siswa tersebut pada 2021 lalu dan menawarkan USD$5.000 agar Sweeney menghapusnya. "Saya tidak suka gagasan ditembak oleh orang gila," tulis Musk kepada Sweeney dalam pesan pribadi. Sweeney menolak tawaran USD$5.000 tersebut. Sweeney kemudian menuntut USD$50.000 dari pemilik Tesla tersebut. Akhirnya, Musk tidak membahas lagi mengenai hal tersebut.

Bulan lalu, beberapa selebritti dunia mendapat kecaman karena menggunakan jet pribadi untuk melakukan penerbangan dengan jarak pendek bahkan ketika secara terbuka menyatakan dukungan mereka untuk memerangi perubahan iklim. Kylie Jenner, influencer media sosial dan bintang reality show, dianggap sebagai "penjahat iklim" online setelah dia membual tentang naik jet pribadi untuk penerbangan pendek tiga menit untuk perjalanan yang kebanyakan orang akan lakukan dengan mobil dalam waktu sekitar 45 menit.

Bintang besar lainnya yang telah "ditandai" secara online karena penggunaan pesawat pribadi yang berlebihan termasuk Taylor Swift, Floyd Mayweather, Jay-Z, Alex Rodriguez, Blake Shelton, Steven Spielberg, Mark Wahlberg, dan Oprah Winfrey.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya