NASA Pastikan Artemis 1 Meluncur ke Bulan Hari Ini

Lokasi peluncuran Roket Artemis I NASA.
Sumber :
  • Craig Bailey/Florida Today via AP

VIVA Tekno – Badan antariksa Amerika (NASA) memastikan Roket Artemis 1 yang sebelumnya sempat dibatalkan akan terbang ke Bulan sesuai dengan jadwal barunya, yakni pada Sabtu, 3 September 2022. NASA mengklaim, permasalahan yang sempat membuatnya mundur telah berhasil diperbaiki.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Adapun, roket tersebut akan diluncurkan pada Sabtu, 3 September 2022 waktu setempat atau Minggu, 4 September 2022 pukul 01.17 WIB dini hari. Peluncuran akan dilakukan dalam rentang waktu 2 jam yang dianggap paling aman, mengutip dari situs Space, Jumat, 2 September 2022.

"Tidak ada jaminan kami meluncur Sabtu, tapi kami akan mencobanya," kata manajer misi Artemis Mike Sarafin.

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

Lebih dalam, Artemis 1 ini akan memakai roket Space Launch System (SLS) untuk menerbangkan kapsul Orion tanpa astronaut dalam misi yang berlangsung selama 37 hari ke Bulan.

Sebagaimana disebutkan diawal, seharusnya Artemis 1 meluncur pada Senin, 29 Agustus 2022. Sayangnya, terdapat permasalahan pendingin pada satu dari empat mesin RS-25 yang membuat sensor temperatur tidak dapat berfungsi.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Kemudian NASA lalu memutuskan sensor itu tidak terlalu berpengaruh, mengingat nitrogen pendingin tetap dapat berfungsi dengan normal yang artinya, Artemis 1 tetap bisa berada di tempat peluncuran.

Kendati demikian, pejabat cuaca dari US Space Force, Melody Lovin memprediksi bahwa potensi cuaca pada hari Sabtu akan 60 persen baik. Apabila memang Artemis 1 masih belum bisa terbang pada Sabtu, maka Artemis 1 akan terbang pada Senin, 5 September 2022.

Ilustrasi cuaca panas.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Thailand mengeluarkan peringatan baru tentang cuaca panas ekstrem dimana pemerintah mengatakan sengatan panas telah menewaskan sedikitnya 30 orang tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024