Data Center Butuh Infrastuktur yang Andal

Data center.
Data center.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Pasar data center di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir, yang sebagian besar didorong oleh semakin luasnya tingkat konektivitas dan ekspansi besar-besaran dari sektor e-commerce.

Selain itu, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menerapkan konsep smart city melalui teknologi infrastruktur IoT untuk jalan raya, lampu jalan, dan lampu lalu lintas. Semua itu mendorong pertumbuhan kebutuhan akan data center yang inovatif, untuk mendukung pertumbuhan konsumsi data.

Atas dasar tersebut, dibangun Area31 yang merupakan salah satu Data Center Hyperscale di Indonesia dengan konsep berbeda, yakni Edge Data Center dengan backup konektivitas melalui Internet Satelit.

Selain menyediakan fasilitas Data Center, AREA31 yang berlokasi di Depok juga menawarkan fasilitas Telecommunication Port (Teleport) bagi Satellite Communication Provider yang ingin memiliki Gateway di Indonesia.

Data center.

Data center.

Photo :
  • www.pixabay.com/Akela999

Untuk mendukung hal tersebut, AREA31 menggabungkan standar internasional Data Center Rated 3 dari ANSI/TIA 942 dan fasilitas Teleport. AREA31 ditargetkan beroperasi pada kuartal keempat 2022.

Berbagai sarana penunjang dibutuhkan, agar pusat penyimpanan data itu bisa beroperasi secara normal tanpa gangguan. Termasuk pasokan listrik yang andal, sehingga ketersediaan layanan bagi pelanggan terjamin.

Halaman Selanjutnya
img_title