8 Syarat Monetisasi YouTube dan Cara Agar Menghasilkan Cuan

Ilustrasi punya penghasilan dari YouTuber.
Sumber :
  • Search Engine Journal

VIVA Digital – Sejak diluncurkan tahun 2005, YouTube sudah berkembang menjadi platform video online terbesar di dunia. Diperkirakan ada sekitar 2.24 miliar pengguna YouTube saat ini. Selain bermanfaat untuk menonton video, YouTube saat ini dipakai juga sebagai profesi khusus untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Penyedia data pasar dan konsumen Statista mengatakan, pada 2021 YouTube menghasilkan pendapatan iklan global sekitar 28,84 miliar dolar AS. Sebagian besar pendapatan itu diperoleh dari iklan Google Ads yang ditampilkan dalam video. Nah, untuk mendapatkan cuan dari aplikasi ini, berikut syarat monetisasi YouTube yang dirangkum dari Influencer Marketing Hub

1. Program YouTube Partner

7 Rahasia Google

Untuk mulai menghasilkan uang dari video YouTube, kamu harus terlebih dahulu menjadi anggota Program YouTube Partner. Monetisasi AdSense dari video YouTube menggunakan Google AdSense adalah salah satu metode paling umum dan mudah untuk menghasilkan pendapatan dari video YouTube kamu.

Setelah kamu menautkan saluran YouTube ke akun Google AdSense, kamu dapat mengirimkan video dengan pertimbangan monetisasi melalui AdSense. Jika video kamu memenuhi persyaratan monetisasi yang ditetapkan oleh YouTube, video tersebut akan diotorisasi untuk monetisasi. Kamu harus memenuhi persyaratan monetisasi YouTube berikut ini:

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”
  • Memiliki setidaknya 1.000 subscribers
  • Kamu harus memiliki setidaknya 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir
  • Kamu tinggal di negara yang memiliki akses ke program
  • Kamu telah membuat akun AdSense dan menautkannya ke saluran YouTube kamu
  • Saat ini tidak ada teguran pedoman komunitas yang aktif di saluran kamu
  • Kamu mematuhi semua peraturan monetisasi YouTube

Sebelum mengizinkan monetisasi di akun kamu, YouTube memverifikasi aplikasi kamu dan memastikan bahwa kamu telah mematuhi peraturannya. Mendapatkan tanggapan dari YouTube tentang permohonan kamu untuk hal itu mungkin memerlukan waktu hingga satu bulan. Satu-satunya yang tersisa untuk dilakukan adalah mengaktifkan iklan di akun YouTube kamu setelah kamu diterima dan mulai menghasilkan uang dari iklan.

2. Pemasaran Afiliasi

Sumber penghasilan lain yang menggiurkan bagi YouTuber adalah pemasaran afiliasi. Saat kamu mempromosikan produk melalui pemasaran afiliasi, kamu akan dibayar komisi. Mendaftar untuk program afiliasi adalah langkah pertama untuk mencapai ini. Ada berbagai pilihan yang tersedia tergantung pada lokasi kamu. 

Setiap afiliasi diberikan tautan unik yang mengarahkan pelanggan ke produk atau layanan yang dipromosikan. Kamu dapat mempromosikan tautan afiliasi kamu dengan membuat pemasaran video untuk produk tertentu dan kemudian menyertakan tautan afiliasi kamu dalam deskripsi video. Salah satu dari yang berikut ini mungkin berfungsi sebagai video yang sesuai:

  • review produk
  • video unboxing
  • video cara

Ingatlah untuk meletakkan penafian afiliasi, memberi tahu audiens kamu bahwa kamu akan dibayar komisi jika mereka membeli melalui tautan kamu. Kamu dapat menyebutkannya di video atau memasukkannya ke dalam deskripsi video kamu juga. Untuk setiap penjualan yang diselesaikan melalui tautan unik kamu, kamu akan mendapatkan komisi. 

3. Jadilah Influencer YouTube

Pemasaran dan sponsor influencer menjadi semakin populer, dan merek menghabiskan anggaran pemasaran mereka untuk influencer yang telah mendapatkan kepercayaan dari target demografis mereka. Jika kamu bisa mendapatkan kemitraan yang sesuai, ini membuka banyak kemungkinan bagi kamu sebagai pencipta. 

Influencer di YouTube dapat memperoleh penghasilan yang cukup besar dengan mengiklankan produk dan layanan dari bisnis, seperti dalam pemasaran afiliasi. Perusahaan akan tertarik untuk bekerja dengan kamu jika kamu memiliki pengikut yang besar dan terlibat dan konten kamu relevan dengan target pasar mereka. 

Mendapatkan merek untuk bermitra dengan kamu bisa jadi sulit, terutama jika kamu tidak memiliki banyak pengikut. Salah satu cara untuk mengatasi hambatan ini adalah dengan mendaftar di agensi pemasaran influencer. Daftarkan diri kamu di sebanyak mungkin platform untuk memastikan eksposur maksimum dan menarik bisnis yang tepat.

Selalu ingat untuk memberi label video iklan sebagai "promosi berbayar" jika kamu memproduksi konten bersponsor. Kebijakan iklan Google juga harus diikuti untuk menghindari penalti pada akun kamu.

4. Langganan Channel

Langganan channel memungkinkan penonton mendukung channel kamu dengan melakukan pembayaran bulanan sebagai imbalan atas manfaat eksklusif yang hanya tersedia bagi pelanggan. Hingga lima tingkatan keanggotaan YouTube dapat dibuat, dengan bonus khusus ditambahkan ke setiap tingkat saat kamu melewatinya.

Untuk membuatnya, kamu harus memiliki minimal 30.000 subscribers dan berusia di atas 18 tahun untuk memenuhi syarat. Jika kamu ingin menggunakan fitur ini, kamu juga harus menjadi anggota Program YouTube Partner. Untuk menerima konten bonus atau hak istimewa yang unik, kamu akan dapat meminta pelanggan kamu untuk menjadi anggota saluran kamu. 

Mereka kemudian akan diminta untuk membayar sedikit biaya bulanan berkisar antara $0,99 dan $100 sebagai gantinya. Jika, karena alasan apa pun, kamu melanggar standar komunitas atau akun kamu dibatalkan, anggota kamu akan mendapatkan pengembalian dana untuk bulan terakhir keanggotaan mereka.

5. Lisensi Konten

Konten kamu dapat dilisensikan untuk mendapatkan uang jika kamu berhasil membuat video viral yang sukses besar. Kemungkinan besar, kamu akan memiliki permintaan untuk menggunakan video YouTube kamu dari berbagai situs media yang meminta untuk menggunakan video tersebut!

Karena video tersebut dilisensikan, mereka harus membayar untuk menggunakannya di saluran atau publikasi mereka. Kamu dapat melakukan ini untuk beberapa video paling populer kamu. Untuk memudahkan orang lain menghubungi jika mereka ingin menggunakan video viral kamu, kamu harus menyertakan alamat email di “halaman tentang” di saluran YouTube kamu. 

6. Pendapatan YouTube Premium

YouTube Premium memungkinkan pembuat konten untuk mengganti iklan YouTube dengan penayangan bebas iklan untuk menghasilkan sumber pendapatan tambahan. Pelanggan YouTube Premium tidak melihat iklan apa pun, terlepas dari siapa yang membuat konten tersebut. Sebagai gantinya, persentase uang keanggotaan yang diterima oleh YouTube Premium didistribusikan ke pembuat konten yang membuat video tersebut.

Uang bulanan pengguna didistribusikan di antara pembuat konten yang videonya paling sering mereka lihat selama sebulan jika mereka memiliki keanggotaan YouTube Premium. Jika kamu sudah menjadi pembuat konten yang dimonetisasi, yang diperlukan hanyalah konten kamu ditonton oleh pelanggan YouTube Premium.

7. Kursus Online

Membuat dan menjual kursus online adalah metode luar biasa untuk menghasilkan uang di YouTube. Menawarkan kursus online adalah cara yang bagus untuk membuat keterampilan kamu lebih berharga bagi audiens kamu. Selama kursus kamu menawarkan sesuatu yang berharga bagi pelanggan kamu, mereka akan dengan senang hati menginvestasikan uang mereka dan mendaftar.

Kursus online mungkin dalam bentuk e-book atau video. Ingatlah bahwa format apa pun yang kamu gunakan, pastikan untuk menyediakan konten berkualitas tinggi yang memengaruhi audiens kamu dan memberikan nilai. Mudah bagi orang untuk mengetahui apakah kamu kurang tayang, yang dapat membuat orang mulai meragukan layanan kamu atau berhenti berinteraksi dengan saluran kamu. Akibatnya, kamu bisa kehilangan banyak potensi pendapatan.

8. Jual Barang Dagangan

Jika kamu ingin menghasilkan uang dari audiens kamu, kamu harus mempertimbangkan untuk menjual barang dagangan kepada mereka. Membeli baju, topi, dan buku catatan adalah cara yang bagus bagi pelanggan untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap saluran kamu. Pendekatan ini adalah yang paling efektif untuk saluran dengan pemirsa yang lebih besar.

Selain meningkatkan jumlah pelanggan saluran kamu, menjual produk bermerek adalah metode hebat untuk memonetisasi saluran YouTube kamu dan mendapatkan visibilitas untuk bisnis kamu secara online dan offline. Lebih mudah menghasilkan uang dengan menjual barang dagangan daripada menggunakan AdSense. 

Daripada bergantung pada jumlah jam menonton atau penayangan yang diperoleh, kamu mengandalkan basis penggemar yang terus berkembang untuk terus membeli barang dagangan kamu. Kamu harus berusia 18 tahun dan memiliki setidaknya 10.000 subscribers untuk menggunakan fitur merchandising.

Rilis TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Polisi sudah menangkap Galih Loss karena konten 'hewan mengaji' yang meresahkan dan diduga menistakan agama Islam.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024