Cukup Sudah Termakan Isu Hoax di Media Sosial

Hoax.
Hoax.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA Tekno – HootSuit dan We Are Social melaporkan terdapat 204,7 juta pengguna internet yang setara dengan 73,7 persen dari populasi penduduk Indonesia pada 2022. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan internet begitu masif.

Transformasi digital tidak bisa dihindari. Era digitalisasi menghadirkan tantangan budaya digital, seperti mengaburnya wawasan kebangsaan, menipisnya kesopanan, menghilangnya budaya Indonesia, karena media digital menjadi panggung budaya asing, hingga kebebasan berekspresi yang kebablasan.

Meskipun Indonesia termasuk empat besar negara pengguna internet terbesar di dunia, survei Badan Pusat Statistik (BPS) 2018 mengungkapkan bahwa keahlian berinternet masyarakat Indonesia memiliki skor paling rendah.

Pesatnya perkembangan digital di Indonesia perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital mumpuni, serta pemahaman kepada masyarakat sebagai pengguna media sosial untuk lebih produktif.

Hal ini menjadi perhatian Pendiri Konten Digital Pesantren (Kodipest) Loretta Thamrin yang sukses meluncurkan aplikasi digital video pesantren.

Menurutnya, tidak mudah untuk mewujudkan gagasan besar membangun Kodipest sebagai ekosistem aplikasi digital video pesantren satu-satunya di Indonesia.

Apalagi dalam upayanya mengonsolidasikan kapital alias modal dengan sumber daya manusia (SDM) untuk turut andil membesarkan aplikasinya.