Fenomena Bulan Purnama akan Berbarengan dengan Hujan Meteor

Bulan Purnama atau Harvest Moon.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Pada 9 Oktober nanti akan ada fenomena Bulan Purnama Hunter yang mencapai puncak iluminasi sekitar pukul 16:54 ET. Seperti semua Bulan Purnama, fenomena kali ini akan tampak cerah dan penuh pada malam sebelum dan malam setelah puncak, menawarkan tiga kesempatan bagi pengamat langit untuk berjemur di bawah sinar Bulan musim gugur. 

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Waktu terbaik untuk menyaksikannya adalah saat matahari terbenam, ketika Bulan akan terbit di atas cakrawala, menurut Almanak Petani, melansir dari situs Live Science, Rabu, 5 Oktober 2022.

Saat Bulan rendah di langit, satelit alami Bumi itu mungkin juga tampak lebih besar dan lebih terang dari biasanya berkat ilusi optik yang dikenal sebagai ilusi Bulan.

Kapan Bumi Kiamat?

Cahayanya sebagian akan lebih terang dari hujan meteor Draconid, yang juga diprediksi akan mencapai puncaknya pada 9 Oktober waktu malam.

Harvest Moon adalah nama yang diberikan untuk Bulan Purnama yang jatuh paling dekat dengan ekuinoks, artinya dapat terjadi pada bulan September atau Oktober. Sedangkan Hunter Moon adalah yang mengikuti Harvest Moon. 

Matahari Putra Prima Ditinggal Resign 3 Bosnya, Ada Apa?

Secara tradisional, para petani memanen tanaman mereka di bawah cahaya Harvest Moon, kemudian pergi berburu hewan yang keluar untuk sisa-sisa selama bulan-bulan berikutnya.

Sekitar sebulan sekali, Bulan Purnama terjadi ketika Matahari, Bumi dan Bulan sejajar pada garis 180 derajat yang tidak terlihat. Orbit bulan akan sekitar 5 derajat berbeda dari Bumi, menyebabkan Bulan sedikit lebih tinggi atau lebih rendah dari bayangan Bumi, memungkinkan sinar Matahari menerangi sisi yang menghadap Bumi

Bulan purnama berikutnya adalah Bulan Berang-berang November, atau Bulan Salju, yang terbit pada 8 November 2022 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya