Dianggap Menjijikan, Ini 5 Peran Penting Kecoa bagi Ekosistem Bumi

Ilustrasi kecoa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Mungkin kecoa menjadi salah satu serangga yang tidak disukai oleh banyak orang hampir di seluruh dunia. Kehadiran mereka dianggap membuat manusia tidak nyaman, apalagi jika ada di dalam rumah. Maka dari itu, banyak orang yang mencoba membunuh mereka dengan pembasmi serangga dan lain sebagainya. 

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Namun, mungkin terkadang orang bertanya-tanya apa efek dari membunuh kecoa dan sebenarnya apa peran penting kecoa bagi ekosistem di bumi ini? Kepunahan kecoa dari bumi akan sangat berdampak pada kesehatan hutan dan secara tidak langsung akan mengganggu siklus hidup semua spesies yang hidup di sana. 

Kepunahan kecoa akan berpengaruh pada siklus nitrogen, daur ulang nutrisi dan akan ada banyak tumpukan sampah dan kotoran di hutan dan area sekitar. Sehingga peran kecoa cukup penting dalam kelangsungan hidup ekosistem. Melansir dari laman Rest Easy Pest Control, berikut ini sejumlah peran penting  kecoa bagi ekosistem di bumi. 

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

1. Mendaur Ulang Nutrisi

Ilustrasi kecoa.

Photo :
  • Pixabay/Brett_Hondow
Angin Segar untuk Startup Pemula

Peran penting kecoa yang signifikan untuk ekosistem lingkungan adalah untuk mendaur ulang nutrisi. Kecoa hutan diketahui ahli dalam memakan serasah daun dan bahan tanaman lainnya. Mikroba di perut mereka membantu memecah bahan tanaman yang tidak dapat dicerna oleh makhluk lain.

Selain itu, kecoa juga menyebarkannya di sekitar hutan yang kemudian dikonsumsi oleh mikroba di sana. Beberapa spesies kecoa juga membantu penyerbukan di daerah tropis.

2. Siklus Nitrogen

Ilustrasi kecoa.

Photo :
  • U-Report

Di dalam hutan, peran penting kecoa adalah menjadi sumber utama nitrogen untuk pertumbuhan pohon dan penting untuk habitat. Kecoa memakan bahan organik yang membusuk, serasah daun dan kayu di sekitarnya. 

Bahan organik tersebut menjebak banyak nitrogen atmosfer di dalamnya, dan ketika kecoa memakannya, mereka melepaskan nitrogen yang terperangkap ke dalam tanah dengan melalui kotoran yang dikeluarkannya. Kemudian tanaman dan pohon mengambil nitrogen itu dan membantu mereka tumbuh.

3. Sumber Makanan untuk Tawon

Budidaya kecoak

Photo :
  • U-Report

Peran kecoa lainnya adalah sebagai sumber makanan bagi tawon. Telur kecoa adalah satu-satunya sumber makanan tawon parasit, mereka sepenuhnya mengandalkan kecoa untuk kelangsungan hidup mereka. 

4. Sumber Makanan untuk Burung dan Mamalia

Kecoa.

Photo :
  • U-Report

Selain menjadi sumber makanan bagi tawon, kecoa juga sumber makanan penting dari beberapa makhluk hidup lainnya seperti burung dan mamalia. Bahkan di beberapa budaya, manusia juga diketahui memakan kecoa.

Berbagai burung memangsa kecoa untuk menjadi makanannya. Selain itu, reptil seperti kadal gurun dan mamalia pemakan serangga kecil seperti tikus juga memangsa kecoa. 

5. Sumber Makanan untuk Hewan yang Lebih Besar

Kecoak

Photo :
  • academic.ru

Kecoa adalah bagian dari rantai makanan beberapa hewan besar seperti kucing baik yang liar maupun tidak, serigala, reptil elang, burung dan yang lainnya.

Hewan dan burung ini memangsa tikus dan mencit, dan jika populasinya akan terpengaruh karena kelangkaan kecoa, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi populasi hewan tersebut dan pada akhirnya seluruh satwa liar akan terpengaruh. 

Tikus yang punah dari bumi tidak akan begitu berpengaruh, tetapi dunia tanpa kucing dan burung tidak akan menjadi tempat yang menyenangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya