Transaksi Produk Halal yang Diperdagangkan Lewat E-Commerce Didominasi Fesyen Muslim

E-commerce.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – Data Bank Indonesia menunjukkan transaksi produk halal yang diperdagangkan melalui platform e-commerce pada Januari hingga Oktober 2021 didominasi produk fesyen Muslim yang memiliki pangsa pasar mencapai 91,93 persen dari total nominal produk halal senilai Rp12,18 triliun.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Di tengah maraknya perkembangan fesyen di Indonesia dan dunia, hadirnya tren modest fashion kini mulai menanjak dan semakin populer di dunia mode. Munculnya tren ini juga menjadi gairah baru untuk para penikmat fesyen.

Modest fashion merupakan istilah yang mengacu pada tren pakaian yang sopan, karena memiliki model yang menutup sebagian besar permukaan kulit dan juga bentuk tubuh.

Huawei Band 9: Layar Mirip Smartwatch, Harga Cuma Setengah Juta

Tren ini awalnya populer di kalangan perempuan berhijab yang ingin tampil cantik, modis, namun tetap nyaman dan santun. Tapi, kini, modest fashion tak hanya terbatas oleh konsep religi, tapi juga dilirik dan diminati berbagai kalangan.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Menurut Amy Atmanto, desainer kenamaan Indonesia yang juga pembina industri kreatif, Indonesia berada pada 10 peringkat teratas sektor modest fashion dunia.

Ia pun mendorong modest fashion dapat memberikan kontribusi nyata untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional yang mengedepankan penggunaan kain lokal.

"Modest fashion memiliki serapan pasar dalam negeri yang begitu besar. Saya menghadirkan modest wear yang nyaman dan elegan dengan terus berinovasi menggunakan aneka kain Nusantara yang berakar dari kearifan lokal," kata dia, Kamis, 13 Oktober 2022.

Amy Atmanto hadir sebagai salah satu desainer dalam Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) atau IN2MOTIONFEST 2022, di mana modest fashion adalah bagian dari industri fesyen syariah Indonesia.

"IN2MOTIONFEST 2022 menampilkan kreasi anak bangsa dalam bidang modest fashion. Industri fesyen syariah memilik potensi besar yang masih dapat terus digali melalui kreasi-kreasi modest fashion yang bernuansa nasional. Semoga dapat menginspirasi pemangku kepentingan lain," jelasnya.

Dalam perhelatan IN2MOTIONFEST 2022, dua tokoh perempuan ikut menyemarakkan pengembangan modest fashion. Keduanya yaitu Siti Marifah Ma'ruf Amin, putri sulung Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sri Bahlil Lahadalia, istri Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Penampilan Siti Marifah Ma'ruf Amin terlihat anggun dan bersahaja dalam balutan kebaya muslim merah maroon dengan selendang berenda dan padanan batik khas Blora. Begitu pula dengan Sri Bahlil Lahadalia yang kerap tampil mengenakan kain lokal begitu elegan dalam balutan kebaya simpel dengan selendang dan kain batik Blora.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya