Lebaran Pengeluaran Membengkak? Ini 7 Tips Menyiasatinya Biar Lebih Hemat

Ilustrasi belanja/sale.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Lebaran merupakan momen spesial yang dinanti-nanti oleh umat Muslim. Di momen ini, banyak orang ingin tampil baru dan merayakannya bersama keluarga dan teman. Namun, banyaknya kebutuhan Lebaran seringkali membuat pengeluaran membengkak.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Berikut beberapa tips untuk berbelanja hemat untuk kebutuhan Lebaran. Yuk, scroll!

1. Buat daftar belanja
Catat semua kebutuhan Lebaran, mulai dari makanan, pakaian, hingga dekorasi rumah. Prioritaskan kebutuhan utama dan bandingkan harga di beberapa tempat.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Ilustrasi mengelola keuangan

Photo :
  • Pexels

2. Menetapkan anggaran
Hitung berapa anggaran yang Anda punya untuk belanja Lebaran. Bagi anggaran untuk setiap kategori kebutuhan, seperti makanan, pakaian, dan dekorasi.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

3. Cari promo dan diskon 
Cari tahu promo dan diskon yang ditawarkan oleh toko-toko atau marketplace. Manfaatkan promo bank atau dompet digital untuk mendapatkan cashback.

4. Belanjalah di waktu tepat
Hindari berbelanja saat menjelang Lebaran karena harga biasanya lebih mahal. Belanjalah di awal bulan atau saat ada promo besar.

5. Bandingkan harga
Bandingkan harga di beberapa toko sebelum membeli. Gunakan aplikasi pembanding harga untuk mencari harga terbaik.

6. Belanja dengan bijak
Jangan mudah tergoda dengan barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Belilah barang yang berkualitas dan tahan lama.

7. Manfaatkan barang-barang yang ada
Gunakan kembali baju Lebaran tahun lalu yang masih bagus. Buatlah sendiri kue dan hidangan Lebaran untuk menghemat biaya.

Di sisi lain, menyambut momen Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, Watsons menggelar Watsons 4.4 Glam For Eid, yang siap memenuhi kebutuhan health & wellness dengan berbagai kejutan menarik seperti diskon hingga 70 persen dari beragam brand favorit di platform resmi (e-commerce) yang berlangsung pada 4-6 April 2024.

"Watsons Glam 4.4 Glam For Eid merupakan momen yang tepat bagi pelanggan setia untuk menyiapkan persediaan kesehatan dan kecantikan dari brand favorit dengan mudah, aman, dan nyaman mulai dari persiapan Ramadhan hingga Idul Fitri dengan kejutan promo hingga 70 persen yang sayang untuk dilewatkan,” jelas Lilis Mulyawati, Presiden Direktur Watsons Indonesia, dalam keterangannya, dikutip Kamis 4 April 2024. 

Ritel kesehatan dan kecantikan ini juga dilengkapi fitur Click & Collect Express pada e-commerce resmi, yang memungkinkan pesanan online diambil di toko yang telah dipilih customer dalam waktu 1 jam tanpa biaya pengiriman, serta Home Delivery Express pesanan akan di antar dalam waktu 2 jam sampai depan pintu rumah customer. 

Selain itu, mereka juga telah menyiapkan berbagai promo pada Watsons 4.4 Glam For Eid, seperti diskon sampai 70 persen plus voucher hingga Rp70 ribu, harga spesial 4.4, flash voucher pada 4-6 April 2024, flash sale, voucher deals, gratis ongkir, tambahan diskon khusus Watsons Club Member, voucher Click & Collect Express up to Rp25 ribu sampai deretan great offer pada produk-produk top brand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya