Rusia Luncurkan Satelit Militer Ukuran Mungil, Tugasnya Misterius

Peluncuran Satelit EMKA-3 Milik Rusia
Sumber :
  • Space.com

VIVA Tekno – Rusia meluncurkan satelit militer misterius berukuran mungil pada Sabtu, 15 Oktober pekan kemarin waktu setempat. Namun, masih belum diketahui apa tugas dari satelit tersebut.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Sebuah Roket Angara lepas landas dari Kosmodrom Plesetsk di barat laut Rusia membawa satelit yang disebut EMKA-3 ke orbit Bumi.

Badan Antariksa Rusia atau Roscosmos menyebutnya sebagai Kosmos 2560, seperti dikutip dari situs Space, Senin, 17 Oktober 2022.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

"Pesawat ruang angkasa diluncurkan ke orbit target dan diterima untuk mengendalikan fasilitas darat Kementerian Pertahanan Rusia. Pesawat ruang angkasa itu diberi nomor seri Kosmos-2560," tulis Roscosmos, melalui saluran Telegram.

Nantinya, Satelit EMKA-3 akan mengorbit sekitar 300 kilometer di atas Bumi, tapi hingga saat ini tugas dari satelit tersebut masih menjadi misteri. "Tidak banyak diketahui tugas satelit ini. Apakah untuk militer dan sifatnya rahasia?" tulis EverydayAstronaut.com.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Selain itu, peluncuran ketiga Satelit EMKA-3 juga menyusul tiga satelit EMKA sebelumnya yang telah lebih dulu mengorbit. Pertama pada April 2018 dan menghabiskan sekitar tiga tahun mengorbit sebelum akhirnya kembali ke Bumi pada tahun lalu.

Sementara dua lainnya diluncurkan pada September 2021 dan April 2022 yang berumur tidak lama dan hanya dalam hitungan bulan keduanya telah kembali ke Bumi.

Sebagai informasi, peluncuran ini merupakan misi peluncuran ketiga yang dilakukan Rusia hanya dalam kurun waktu kurang dari satu minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya