Kominfo Klaim Bantuan STB untuk Rumah Tangga Miskin Ekstrem Hampir Rampung

Pembagian STB gratis di Jabodetabek oleh PT Visi Media Asia Tbk (VIVA Group).
Sumber :
  • Dok. VIVA Group

VIVA Digital – Hingga Kamis, 3 November 2022, bantuan Set Top Box (STB) untuk Rumah Tangga Miskin Ekstrem (RTM) sudah tersalurkan sebanyak 476.088 unit atau 99,3 persen dari target 479.307 unit, yang mana artinya tinggal 0,7 persen lagi, menurut data yang dirilis Kementerian Kominfo pada Jumat, 4 November 2022.

808 Ribu Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

STB telah terdistribusikan kepada penerima bantuan di wilayah Jabodetabek. Bantuan sebanyak 4,3 juta berasal dari komitmen Lembaga Penyiaran Swasta (Stasiun Televisi) penyelenggara Multipleksing (MUX).

Stasiun televisi seperti SCM (SCTV dan Indosiar) berkomitmen pada 1.213.750 unit, Metro TV 704.378 unit, MNC Group (RCTI dan Global TV) 1.143.121 unit, Trans Group (Trans TV dan Trans 7) 616.511 unit, RTV (500.000 unit), VIVA Group (TVOne dan ANTV) 149.587 unit serta Nusantara TV 3.000 unit.

171 Ribu Kendaraan Pemudik Serbu Jalur Selatan Jabar

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), sifatnya hanya membantu bila ada kekurangan. Bantuan untuk RTM ini hanya diberikan kepada masyarakat yang nama dan alamatnya tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Selain itu dibuktikan juga dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Verifikasi dan validasi juga dilakukan oleh pemerintah kabupaten dan kota.

H-7 hingga H-3 Lebaran, Jasa Marga Catat Lebih dari 1 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Analog Switch Off (ASO) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) telah terselenggara setelah hampir 100 persen RTM yang tercantum serta tervalidasi menerima bantuan STB dari komitmen LPS penyelenggara multipleksing.

TV analog di Jabodetabek resmi disuntik mati pada Kamis, 3 November 2022, Ada 341 wilayah yang terdampak di mana masyarakat harus menggunakan TV digital atau bantuan set top box untuk menikmati siaran televisi.

Analog switch off (ASO) mempengaruhi 14 kabupaten/kota seperti Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kabupaten Kepulauan Seribu, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya