Saksikan Live Streaming Puncak Gerhana Bulan Total Malam Ini, 8 November 2022

Gerhana Bulan Total.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA Digital – Bagi yang ingin melihat fenomena alam Gerhana Bulan Total pada Selasa malam ini, 8 November 2022, dapat klik live streaming di artikel ini. Gerhana Bulan total atau GBT dapat disaksikan hampir seluruh wilayah Indonesia yang berlangsung selama tujuh jam.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Fenomena Gerhana Bulan Total terjadi akibat konfigurasi antara Bumi, Matahari, dan Bulan membentuk garis lurus. Gerhana Bulan sangat dinantikan bagi mereka yang menyukai dunia astronomi.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG fase Gerhana Bulan Total dimulai pukul 15.00 WIB atau pukul 16.00 Wita hingga 20.57 WIB atau pukul 21.57 Wita.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Gerhana Bulan merupakan suatu peristiwa normal terjadi, yang mana terdapat satu fenomena Matahari, Bulan, dan Bumi berada pada satu lintasan yang sejajar.

Dengan begitu, Bulan masuk ke umbra Bumi yang mengakibatkan terjadi puncak gerhana dan bentuk bulat terlihat sempurna, dengan sifat Bulan mengeluarkan cahaya terang dari cahaya normal.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024