5 Fakta Menarik Bulan Desember yang Perlu Kamu Ketahui, Punya Nama Lain

Ilustrasi kalender.
Sumber :
  • pixabay

VIVA Digital – Desember merupakan bulan terakhir dalam Kalender Gregorian dan disimbolkan dengan bunga Narcissus dan batu permata berupa batu pirus biru (blue turquoise) atau zircon.

4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Desember sendiri berasal dari kata Decem yang dalam bahasa romawi kuno berarti sepuluh. Awalnya kalender Gregorian belum dikenal seperti yang dikenal sekarang dan hanya mempunyai 10 bulan dalam satu tahun.

Jadi, dimulai dari bulan Maret, tanpa bulan Januari dan Februari. Meskipun begitu, Desember lalu tetap digunakan jadi urutan ke dua belas dan tidak diubah dengan nama lainnya sampai saat ini. Berikut ini fakta menarik lainnya tentang bulan Desember:

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

1. Sinar Matahari Paling Sedikit

Sinar Matahari.

Photo :
  • Pixabay
Mengungkap Misteri: 4 Zodiak Paling Rumit dalam Astrologi

Selain jadi bulan pergantian musim dingin di belahan bumi bagian Utara dan pergantian musim panas di belahan bumi bagian Selatan. Bulan Desember juga menjadi penanda salah satu fenomena unik sepanjang tahun, yaitu saat sinar matahari paling sedikit di bumi.

Di negara 4 musim, Desember adalah saat musim dingin. Sementara di negara-negara tropis seperti Indonesia, Desember menjadi musim hujan di mana sinar matahari lebih sedikit masuk. Di Inggris, Desember adalah saat di mana sinar matahari paling sedikit sepanjang bulan.

2. Perayaan Saturnalia

Londonium, peninggalan Romawi Kuno di London

Photo :
  • saieditor.com

Pada bulan Desember bangsa Romawi merayakan festival Saturnalia setiap tahunnya yang dilaksanakan pada pertengahan Desember.

Saturnalia adalah festival yang didedikasikan untuk Saturnus, bibit dewa dan tanaman menurut kepercayaan Romawi. Menurut legenda, Saturnus pernah memerintah Roma, zaman yang dikenal sebagai Era Emas dalam mitologi Romawi. Dewa melarang cara bertani pada rakyatnya, jadi jelas mengapa Saturnus populer dan mengapa orang Romawi menghormatinya dengan festival terbesar mereka

3. Bulannya Sagitarius dan Capricorn

Zodiak Sagitarius

Photo :
  • pixabay

Zodiak Sagitarius mulai dengan periode siklus 23 November-20 Desember. Sagitarius ini dilambangkan dengan gambar manusia berbadan kuda yang menarik busur panah.

Orang dengan zodiak ini biasanya memiliki minat belajar yang besar, optimistis, religius, memiliki sifat yang menyenangkan, bijaksana, dan gemar menjelajahi ide-ide. Sebaliknya, pemilik zodiak ini juga memiliki sifat yang terkadang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain loh seperti lalai, tidak bertanggung jawab serta suka bohong.

Kalau si Capricorn lahir di periode 21 Desember-21 Januari. Mereka ini biasanya merupakan orang yang mengutamakan kesuksesan, memiliki loyalitas tinggi, menyembah bijaksana, dan bertanggung jawab.

Tapi zodiak dengan simbol kambing ini juga memiliki sifat negatif yang nggak bagus kalau dipertahankan, antara lain suka tergesa-gesa, kurang simpati sosial, memiliki kekhawatiran yang berlebihan dan terlalu sering melihat pesimis akan suatu hal.

4. Awalnya Hanya Ada 30 Hari

Aplikasi Kalender terbaik tuk Android, permudah penjadwalan kegiatan sehari-hari

Photo :
  • U-Report

Awalnya bulan Desember terdiri dari 30 hari kemudian dipersingkat menjadi 29 hari ketika bulan Januari dan Februari ditambahkan pada sekitar tahun 700 SM. Selama reformasi kalender Julian, dua hari ditambahkan pada bulan Desember sehingga menjadi 31 hari hingga saat ini.

5. Nama Lain Bulan Desember

Kalender.

Photo :
  • U-Report

Anglo-Saxon memberikan nama Desember sebagai ‘Yule Monath’ yang berhubungan dengan kebiasaan membakar kayu Yule selama bulan ini. Walaupun praktik ini mulai hilang dari waktu ke waktu, beberapa di antaranya di belahan bumi lain masih merayakannya.

Nama baru untuk Desember muncul setelah banyak orang Anglo-Saxon memeluk Kristen. Sejalan dengan kepercayaan baru mereka, mereka menyebut Desember sebagai 'Heligh Monath' yang jika diterjemahkan menjadi 'Bulan Suci'.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya