1.000 Anak Muda Mau Dididik Supaya Jago IT

Talenta digital.
Sumber :
  • IT PRO

VIVA Digital – Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo menilai sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni serta kemampuan penguasaan teknologi menjadi kunci untuk menguasai teknologi digital dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Dengan SDM yang mumpuni dan penguasaan teknologi serta selalu melakukan riset dan inovasi, maka 5 hingga 10 tahun ke depan, diharapkan Indonesia bukan hanya pengguna, tapi menguasai teknologi digital.

Dalam menyambut era revolusi industri 4.0 serta transformasi digital, Indonesia diprediksi membutuhkan 17 juta jago IT baru yang siap ditempatkan di industri.

Berburu Cuan Lewat Gajian

Melihat data tersebut, Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Vikram Sinha mengaku memiliki jawaban atas kebutuhan tersebut.

"Kami senang bisa bekerja sama dengan Kadin untuk mendukung Indonesia menjadi pusat kekuatan talenta digital di Asia Pasifik," kata dia, dalam konferensi pers virtual, Sabtu, 3 Desember 2022.

Dukung Stabilitas Politik, Kadin Indonesia Hormati Putusan MK soal Sengketa Pilpres 2024

Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha.

Photo :

Kerja sama yang dimaksud adalah IDCamp x Kadin 2023 – program untuk memenuhi kebutuhan talenta digital Indonesia melalui bootcamp pelatihan teknologi, hingga penyediaan lapangan kerja yang berlangsung di Kota Medan, Solo, dan Makassar di tahun depan.

Seribu peserta terpilih akan mendapat pelatihan tingkat pemula untuk Android Developer, Front End dan Back End Developer, di mana sasaran utamanya mahasiswa dan para pencari kerja muda atau fresh graduate.

Sebagai informasi, Front End adalah orang yang berperan mengembangkan tampilan situs atau aplikasi melalui HTML, CSS, dan JavaScript. Sementara Back End, orang yang berperan agar situs atau aplikasi dapat bekerja.

Menurut Vikram, setelah 1.000 peserta mendapat pelatihan pemula, IOH dan Kadin akan menyeleksi 300 peserta untuk mendapatkan pelatihan tingkat menengah.

Setelah lulus pelatihan menengah, para alumni IDCamp x Kadin 2023 akan mendapat sertifikat, masuk ke platform alumni IDCamp serta Kadin Talent Hub.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Program alumni IDCamp dan Kadin Talent Hub akan memberikan informasi lowongan kerja, penawaran pelatihan, dan program karir lain yang sesuai dengan keahlian para alumni," ungkap dia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menyakini bisa membantu misi pemerintah untuk mengisi celah ketersediaan talenta digital yang mumpuni.

"Karena, transformasi digital telah membawa perubahan komposisi ketersediaan dan kebutuhan lapangan kerja ke depan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya