Bukan Bertambah, di Masa Depan Sampah Elektronik Justru Berkurang

Ilustrasi sampah elektronik.
Sumber :
  • dw

VIVA Tekno – Di masa depan, sampah dari perangkat elektronik tidak akan dibuang begitu saja. Sebaliknya, setiap komponen akan dikumpulkan untuk bisa digunakan kembali, dikutip dari The Verge, Minggu 18 Desember 2022.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Kemudian jika tidak lagi dapat digunakan, perangkat elektronik tersebut akan diperbarui dan didaur ulang sehingga materi komponen yang telah dikumpulkan bisa digunakan untuk membuat laptop, monitor, atau ponsel generasi berikutnya. 

Jadi, 57 juta ton total e-waste di seluruh dunia per tahun akan berkurang drastis. Teknologi tidak hanya dapat digunakan kembali, sistem ini juga akan mendorong terciptanya ekonomi sirkular tangguh, yang akan mengurangi permintaan akan bahan baku baru. 

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Tahun lalu, Dell Technologies memperkenalkan Concept Luna, yaitu sebuah desain PC berkelanjutan inovatif yang menggambarkan visi perusahaan untuk mengurangi limbah dan emisi, menggunakan kembali sejumlah material dan mewujudkan inovasi yang lebih canggih. 

Para insinyur yang tergabung dalam tim Experience Innovation Group Dell Technologies dalam satu tahun terakhir telah bekerja untuk menyempurnakan desain modular Concept Luna dengan meniadakan lem dan kabel serta
meminimalisir penggunaan sekrup.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Sampah elektronik

Photo :
  • http://www.gomuda.com

Hal tersebut akan membuat pembongkaran dan perbaikan sebuah sistem PC menjadi lebih mudah. Concept Luna secara dramatis mempermudah dan mempercepat proses perbaikan dan pembongkaran, membuat akses ke berbagai komponen PC jadi lebih mudah dan memperluas peluang untuk penggunaan ulang.

Concept Luna akan membuat waktu pembongkaran berkurang menjadi hanya beberapa menit. Perusahaan bahkan menunjuk sebuah pabrikan kecil untuk memandu tim desain Dell, menghasilkan sebuah perangkat yang dapat dibongkar robot dengan mudah dan cepat.

Dengan konsep tersebut dan fitur telemetri pintar serta otomasi robotik, perusahaan menciptakan sesuatu yang berpotensi memicu perubahan yang sangat besar di industri TI dan mendorong sirkularitas dalam skala besar. 

Fitur telemetri akan membuat Concept Luna bisa mendiagnosis kesehatan setiap komponen dan memastikan tidak ada yang terbuang percuma. 

Meski saat ini 'hanya sebuah konsep', Concept Luna adalah visi jangka panjang perusahaan untuk mewujudkan dampak bisnis dan sosial yang lebih besar melalui praktik desain sirkular. 

Seiring berbagai upaya untuk bisa lebih cepat mencapai tujuan berkelanjutan, Dell akan terus berinovasi, mendorong batasan desain, mendengarkan berbagai masukan, dan memikirkan kembali model bisnis yang tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya