FBI Gerah dengan Bocornya File Twitter

Logo FBI.
Sumber :
  • dw

VIVA Tekno – Baru-baru ini terkuak kegiatan surat menyurat antara FBI dan staf senior Twitter yang mengungkapkan bagaimana FBI menekan Twitter untuk menekan narasi tertentu. 

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

Dalam sebuah pernyataan Biro mengungkap bahwa itu bukanlah sebuah kesalahan, menambahkan bahwa ahli teori konspirasi menampilkan aktivitas mereka dengan cara yang jahat.

File yang diserahkan kepada jurnalis oleh CEO Twitter, Elon Musk tidak menunjukkan apa-apa selain contoh tradisi, keterlibatan pemerintah federal dan sektor swasta yang telah berlangsung lama dan berkelanjutan.

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

“Sangat disayangkan bahwa ahli teori konspirasi dan lainnya memberi informasi yang salah kepada publik Amerika dengan tujuan tunggal untuk mencoba mendiskreditkan agensi tersebut,” bunyi pernyataan itu.

Mengutip dari situs Russian Today, Jumat, 23 Desember 2022, mereka mengingatkan para pengkritiknya bahwa 'pria dan wanita FBI bekerja setiap hari untuk melindungi orang Amerika'.

PPP Klaim Suara Partai Hilang di Dapil Jatim, Pindah ke Partai Garuda

Logo Twitter.

Photo :
  • theverge.com

Klarifikasi itu untuk menunjukkan agen FBI yang menekan staf Twitter untuk mengklasifikasikan cerita yang sah. FBI disebutkan memberi informasi penting kepada sektor swasta dalam upaya untuk memungkinkan mereka melindungi diri mereka sendiri dan pelanggan. 

Namun komunikasi internal di antara karyawan platform menunjukkan hal yang sebaliknya. Dalam komunikasi yang diterbitkan sebagai bagian dari File Twitter, staf berulang kali menunjukkan bahwa 'tidak ada bukti' untuk mendukung klaim FBI tentang disinformasi asing dan menyatakan ketidaknyamanan dengan campur tangan biro tersebut.

Mantan Direktur Kebijakan Twitter mengamati upaya berkelanjutan oleh IC untuk mendorong Twitter membagikan lebih banyak informasi yang bertentangan dengan kebijakannya sendiri.

FBI akhirnya membayar Twitter lebih dari US$3,5 juta dolar untuk membayar pajak guna memprioritaskan penyensorannya.

Gedung Putih sejauh ini menolak mengomentari File Twitter. Namun, mantan anggota Kongres dari Partai Republik Ron Paul berpendapat bahwa itu adalah bukti bahwa FBI berkolusi dengan Twitter untuk mencabut hak konstitusional orang Amerika atas kebebasan berbicara.

Gugatan yang diajukan awal tahun ini oleh jaksa agung Missouri dan Louisiana menuduh bahwa FBI tidak sendirian, dan pejabat dari sekitar 12 lembaga pemerintah bertemu setiap minggu dengan perwakilan dari Twitter, Facebook, dan perusahaan teknologi besar lainnya untuk memutuskan narasi mana dan pengguna yang akan disensor. Topiknya mulai dari dugaan campur tangan pemilu hingga Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya