Tanda-tanda Mengerikan Saat Berada di Zona Kematian Gunung Everest

Pendaki berhasil mencapai puncak Gunung Everest.
Sumber :
  • everest-2002.de

VIVA Tekno – Tubuh manusia bekerja paling baik di permukaan laut. Di sana, kadar oksigen cukup untuk otak dan paru-paru kita. Namun pada ketinggian yang jauh lebih tinggi, tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Oleh sebab itu jika pendaki ingin mencapai puncak Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian 29.029 kaki (8.848 meter atau 5,5 mil) di atas permukaan laut, mereka harus berani menghadapi apa yang dikenal sebagai 'zona kematian'.

Melansir dari laman Science Alert, Senin, 2 Januari 2023, ini adalah daerah dengan ketinggian di atas 8.000 meter, di mana oksigen menjadi sangat sedikit sehingga tubuh mulai mati, menit demi menit dan sel demi sel.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Di zona kematian, otak dan paru-paru pendaki kekurangan oksigen, risiko serangan jantung dan stroke meningkat, dan penilaian mereka dengan cepat menjadi terganggu.

"Tubuh Anda rusak dan pada dasarnya sekarat. Ini menjadi perlombaan melawan waktu," kata Shaunna Burke, seorang pendaki yang mencapai puncak Everest pada 2005.

Pengakuan Anak Buah Syafrin Tumpangi Mobil Dishub DKI yang Buang Sampah Sembarangan

Pada 2019, setidaknya 11 orang tewas di Everest, di mana hampir semuanya menghabiskan waktu di zona kematian. Itu menjadi salah satu musim paling mematikan di Everest.

Gunung Everest. Image via: Wikipedia

Photo :
  • U-Report

Beberapa perusahaan ekspedisi menyalahkan kematian ini karena kepadatan, mencatat bahwa puncak menjadi begitu sesak dengan pendaki selama periode cuaca baik yang jarang terjadi sehingga orang terlalu lama terjebak di zona kematian.

Pada 22 Mei 2019, 250 pendaki berusaha mencapai puncak dan banyak pendaki harus mengantri untuk naik dan turun.

Jam ekstra yang tidak direncanakan di zona kematian ini mungkin telah menempatkan 11 orang yang tewas dalam risiko yang lebih tinggi, meskipun sulit untuk menentukan penyebab spesifik dari setiap kematian.

Di permukaan laut, udara mengandung sekitar 21 persen oksigen. Tapi di ketinggian di atas 12.000 kaki, kadar oksigen 40 persen lebih rendah .

Jeremy Windsor, seorang dokter yang mendaki Everest pada tahun 2007 sebagai bagian dari Caudwell Xtreme Everest Expedition mengatakan kepada blogger Everest Mark Horrell bahwa sampel darah yang diambil dari empat pendaki gunung di zona kematian mengungkapkan bahwa mereka bertahan hanya dengan seperempat oksigen yang didapatkan saat di permukaan laut.

"Ini sebanding dengan angka yang ditemukan pada pasien di ambang kematian," kata Windsor.

Gunung Everest

Photo :
  • U-Report

Lima mil di atas permukaan laut, udara memiliki oksigen yang sangat sedikit, bahkan dengan tangki udara tambahan, rasanya seperti 'berlari di atas treadmill dan bernapas melalui sedotan', menurut pendaki gunung dan pembuat film David Breashears.

Kekurangan oksigen mengakibatkan banyak sekali risiko kesehatan. Ketika jumlah oksigen dalam darah turun di bawah tingkat tertentu, detak jantung melonjak hingga 140 detak per menit, meningkatkan risiko serangan jantung.

Pendaki harus memberi tubuh mereka waktu untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang menghancurkan paru-paru di Himalaya sebelum mencoba mencapai puncak Everest.

Ekspedisi umumnya melakukan setidaknya tiga perjalanan mendaki gunung dari Everest Base Camp (yang lebih tinggi dari hampir setiap gunung di Eropa dengan ketinggian 17.600 kaki), mendaki beberapa ribu kaki lebih tinggi dengan setiap perjalanan berturut-turut sebelum mencapai puncak.

Selama minggu-minggu di ketinggian, tubuh mulai membuat lebih banyak hemoglobin (protein dalam sel darah merah yang membantu membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh) untuk mengimbanginya.

Tetapi terlalu banyak hemoglobin dapat mengentalkan darah, membuat jantung lebih sulit memompa darah ke seluruh tubuh. Itu bisa menyebabkan stroke atau penumpukan cairan di paru-paru.

Gunung Everest di Himalaya.

Photo :

Gejala lain termasuk kelelahan, perasaan akan mati lemas di malam hari, lemas, dan batuk terus-menerus yang mengeluarkan cairan putih, berair, atau berbusa. Kadang-kadang batuknya sangat parah sehingga bisa meretakkan atau memisahkan tulang rusuk.

Di zona kematian, otak bisa mulai membengkak yang bisa menyebabkan mual dan psikosis. Salah satu faktor risiko terbesar di ketinggian 26.000 kaki adalah hipoksia, kurangnya sirkulasi oksigen yang memadai ke organ seperti otak. 

Jika otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup, otak mulai membengkak, menyebabkan kondisi yang disebut dengan high altitude cerebral edema (HACE). Pembengkakan bisa memicu mual, muntah, serta kesulitan berpikir dan bernalar.

Otak yang kekurangan oksigen dapat menyebabkan pendaki lupa di mana mereka berada dan mengalami delirium yang oleh beberapa ahli dianggap sebagai bentuk psikosis ketinggian.

Penilaian pendaki hipoksia menjadi terganggu, dan mereka diketahui melakukan hal-hal aneh seperti mulai melepaskan pakaian atau berbicara dengan teman khayalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya