Mineral Paling Langka di Bumi Letaknya Tak Jauh dari Indonesia

Mineral painite.
Sumber :
  • The Natural History Museum

VIVA Tekno – Mineral tersebar di mana-mana di planet kita, mulai dari bintik berkilauan di kerikil atau pasir hingga permata tersembunyi. Menurut Masyarakat Geologi AS, mineral adalah unsur atau senyawa alami yang bersifat anorganik, artinya tidak mengandung karbon.

Gelombang Panas di Myanmar Capai 48 Derajat Celcius

Setiap jenis mineral menunjukkan keteraturan dalam struktur internalnya dan memiliki susunan kimiawi yang unik. Bentuk kristal mineral, serta sifat fisik lainnya dapat bervariasi. 

Mineral paling langka di Bumi adalah kyawthuite. Hanya satu kristal yang ditemukan di wilayah Mogok di Myanmar yang diketahui keberadaannya. Database mineral Caltech menggambarkannya sebagai batu permata oranye tua kecil (1,61 karat) yang diberikan oleh Asosiasi Mineralogi Internasional, yang diakui secara resmi pada tahun 2015. 

Panas Ekstrem Hingga 45 Derajat Celcius, Filipina dan Bangladesh Tutup Ribuan Sekolah

Namun, sedikit yang diketahui tentang kyawthuite. Jadi mari beralih ke mineral terlangka kedua. Ini adalah painite, yang muncul sebagai kristal heksagonal merah tua. Meskipun painite sekarang lebih mudah ditemukan daripada dulu, mineral ini masih langka dan struktur kimianya membuatnya menjadi teka-teki ilmiah. 

Pada tahun 1952, kolektor dan dealer permata Inggris Arthur Pain memperoleh dua kristal merah di Myanmar, menurut George Rossman, seorang profesor mineralogi di CalTech yang telah meneliti painite sejak tahun 1980-an dan mengelola database yang ekstensif dari semua sampel yang telah dia analisis secara mikroskopis.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

Menurut laman Live Science, Selasa, 3 Januari 2023, Pain mengira kristal itu adalah batu rubi yang terkenal di daerah itu. Tetapi tanpa sepengetahuannya, kristal itu sebenarnya jauh lebih langka.

Mineral kyawthuite

Photo :
  • NHM

Painite kadang-kadang digali bersama batu rubi dan batu permata lainnya. Itu menjelaskan mengapa Pain berasumsi bahwa kristal itu adalah rubi ketika, menurut Rossman, dia menyumbangkannya ke British Museum pada tahun 1954 untuk studi lebih lanjut. 

Sampel lain dari Myanmar muncul pada tahun 1979 dan tahun 2001. Ketiga kristal tersebut adalah satu-satunya spesimen painite yang diketahui di dunia.

Kristal painite pertama yang ditemukan, dikenal sebagai painite #1, kemudian dianalisis oleh Rossman. Studi painite terbarunya diterbitkan di Majalah Mineralogi pada tahun 2018. 

"Saya melakukan studi dari sampel pertama. Hasilnya menjadi standar yang digunakan untuk mengkonfirmasi penemuan painite lebih lanjut," ujarnya.

Melalui penelitian inilah Rossman menentukan unsur apa saja yang membentuk painite. Menggunakan spektroskopi inframerah, radiasi inframerah digunakan untuk mengidentifikasi elemen berdasarkan cara mereka menyerap, memantulkan, dan memancarkan cahaya tersebut. 

Dengan spektroskopi Raman, laser digunakan untuk menyebarkan cahaya tampak, inframerah atau ultraviolet, yang membuat molekul mengeluarkan getaran unik yang membuatnya dapat diidentifikasi.

Mineral dari meteorit.

Photo :
  • U-Report

Rossman juga menemukan adanya kesalahan dalam susunan kimiawi yang awalnya ditentukan oleh para ilmuwan di British Museum. Sementara mereka telah mengidentifikasi aluminium, boron, kalsium, dan oksigen dengan benar, unsur zirkoniumnya hilang. 

Hal lain yang ditemukan Rossman adalah apa yang memberi rona kemerahan pada painite. Ini memiliki jumlah jejak vanadium dan kromium yang mungkin membuatnya tampak seperti batu delima.

Tapi apa yang membuat painite begitu langka? Pertama mineral ini hanya ditemukan di Myanmar. Tetapi alasan sebenarnya terletak pada pembentukannya. Painite adalah kristal borat, artinya mengandung boron. Ini juga mengandung zirkonium. 

Boron memiliki ikatan waktu yang sangat sulit dengan zirkonium. Faktanya, painite adalah satu-satunya mineral di mana keduanya ditemukan terikat di alam. Meski alasannya masih belum jelas, zirkonium dan boron belum ditemukan bersama dalam konsentrasi yang signifikan, seperti yang dikatakan Rossman. 

Diperkirakan juga bahwa unsur-unsur ini mungkin tidak terlalu stabil jika dibandingkan dengan unsur-unsur lain yang dapat berikatan dengannya. 

"Setahu saya, belum ada yang melakukan studi serius tentang apa yang diperlukan untuk membentuk painite. Saya tahu tidak ada upaya untuk mensintesisnya di laboratorium," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya