Mengenal Mata Sahara, Misteri Alam di Tengah Gurun Sahara yang Luas

Mata Sahara.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Lingkaran besar berbentuk mata di tengah Gurun Sahara, Mauritania menjadi daya tarik para ilmuwan sejak puluhan tahun yang lalu.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Karena bentuknya yang menyerupai mata, formasi geologi itu diberi nama The Eye of Sahara atau "Mata Sahara" dan memiliki diameter 40 kilometer. Dikutip dari IFL Science, "Mata Sahara" pertama kali difoto oleh astronot Gemini pada 1960 sebagai landmark.

Apa itu Mata Sahara?

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Padang pasir gurun Sahara

Photo :
  • saharamet.com

Para ahli geologi awalnya percaya bahwa "Mata Sahara" atau disebut dengan Struktur Richat ini sebagai kawah tubrukan yang sangat besar.

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Namun, penelitian lebih lanjut ke dalam sedimen batuan yang membentuk pusat kubah lanjut telah menentukan tanggal formasi kembali ke Proterozoikum akhir, antara 1 miliar hingga 542 juta tahun yang lalu.

Meski begitu, beberapa orang masih percaya bahwa struktur tersebut sebenarnya adalah sisa-sisa kota Atlantis yang hilang.

Pembentukan Mata Sahara

Dikutip dari Geology Science, aktivitas vulkanik jauh di bawah permukaan bumi mengangkat seluruh lanskap sekitar "Mata Sahara" jutaan tahun yang lalu. Sebelumnya diyakini wilayah ini bukanlah gurun pasir, seperti sekarang ini.

Sebaliknya, mereka mungkin jauh lebih emosional, dengan air yang mengalir deras. Proses terbentuknya diduga berasal dari batuan pasir berlapis yang diendapkan oleh tiupan angin di dasar danau dan sungai selama musim dingin.

Eye of Sahara

Photo :
  • jaxa.jp

Aliran vulkanik bawah permukaan akhirnya mendorong lapisan batu pasir dan batuan lain di atasnya. Setelah vulkanisme mereda, erosi angin dan air mulai menggerogoti lapisan batuan berkubah.

Wilayah itu mulai menetap dan runtuh dengan sendirinya, menciptakan fitur "mata" yang melingkar secara kasar.

Bebatuan kuno di dalam "Mata Sahara" telah memberi para peneliti informasi tentang asal-usulnya. Pembentukan paling awal dimulai ketika superbenua Pangea mulai terpisah. Saat Pangea pecah, perairan Samudra Atlantik mulai mengalir ke wilayah tersebut.

Sementara Pangea perlahan-lahan terpisah, magma dari jauh di bawah permukaan mulai terdorong ke atas dari dalam Bumi, sehingga membentuk kubah batuan berbentuk lingkaran yang dikelilingi oleh lapisan batu pasir.

Pergi ke Mata Sahara

Pemukiman di Sahara.

Photo :
  • U-Report

Pelancong pertama-tama harus mendapatkan akses ke visa Mauritania dan mencari sponsor lokal. Setelah diterima, wisatawan disarankan untuk membuat pengaturan perjalanan lokal. Beberapa pengusaha menawarkan wahana pesawat atau perjalanan balon udara di atas "Mata Sahara", sehingga memberikan pemandangan yang luas kepada pengunjung.

"Mata Sahara" terletak di dekat kota Oudane yang dapat dicapai dengan naik mobil dan bahkan terdapat sebuah hotel wilayah itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya