Peringatan Alkitab Saat Sungai Efrat Mengering

Sungai Efrat yang mengering.
Sumber :
  • John Wreford

VIVA Tekno  – Di dalam Alkitab, dikatakan ketika sungai Efrat mengering, maka hal-hal yang sangat besar akan terlihat, bahkan meramalkan Kedatangan Kedua Yesus Kristus dan pengangkatan. 

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Wahyu 16:12 berbunyi, Malaikat keenam menuangkan mangkuknya ke sungai Efrat, dan airnya dikeringkan untuk mempersiapkan jalan bagi raja-raja dari Timur.

Bersama dengan Tigris, sungai Efrat membelah Suriah dan Irak. Selama ribuan tahun, sungai kembar telah memungkinkan komunitas pertanian dan kota-kota besar berkembang di Mesopotamia, yang dianggap sebagai tempat lahir beberapa peradaban paling awal di dunia.

Anindya Bakrie: Ekonomi RI Kuat Hadapi Krisis Timur Tengah

Namun selama beberapa dekade, sistem sungai Tigris–Efrat semakin mengering. Sebuah laporan pemerintah pada tahun 2021 memperingatkan bahwa sungai dapat mengering pada tahun 2040 karena penurunan permukaan air dan kekeringan yang didorong oleh perubahan iklim.

Satelit kembar Gravity Recovery and Climate Experiment (GRACE) milik NASA mengumpulkan gambar area ini pada tahun 2013 dan menemukan bahwa cekungan sungai Tigris dan Efrat telah kehilangan 144 kilometer kubik (34 mil kubik) air tawar sejak tahun 2003. 

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

"Data GRACE menunjukkan tingkat penurunan penyimpanan air total yang mengkhawatirkan di lembah sungai Tigris dan Efrat, yang saat ini memiliki tingkat kehilangan penyimpanan air tanah tercepat kedua di Bumi, setelah India," kata Jay Famiglietti, peneliti utama studi dan ahli hidrologi dan profesor di UC Irvine.

Antrean air bersih

Photo :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Tingkatnya sangat mencolok setelah kekeringan tahun 2007. Sementara itu, permintaan air tawar terus meningkat dan wilayah tersebut tidak mengkoordinasikan pengelolaan airnya karena perbedaan interpretasi hukum internasional.

Ketegangan sudah mulai terlihat di mana  keruntuhan total sistem sungai akan menyebabkan bencana bagi wilayah tersebut, menurut laman IFL Science, Minggu, 12 Maret 2023.

Jutaan orang di seluruh Turki, Suriah, dan Irak bergantung pada Tigris-Efrat untuk mendapatkan air. Saat sungai-sungai mulai bergolak, perselisihan internasional tentang akses ke air telah memanas. Argumen-argumen ini juga menghalangi pemerintah untuk secara efektif mencapai solusi untuk masalah tersebut. 

Kekeringan karena air akan membuat negara-negara yang bergantung bisa menghadapi krisis kesehatan masyarakat. Sebuah laporan baru-baru ini yang diterbitkan dalam British Medical Journal  (BMJ) menyelidiki bagaimana banyak keadaan darurat kesehatan terjadi di Irak karena orang berjuang untuk mendapatkan air bersih. 

“Diare, cacar air, campak, demam tifoid, dan kolera saat ini menyebar di seluruh Irak karena krisis air, dan pemerintah tidak lagi memberikan vaksin kepada warganya,” kata Naseer Baqar, aktivis iklim dan koordinator lapangan di Tigris River Protectors Association di Irak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya