Bahan Kimia Berdampak Pada Kesuburan Wanita

Ilustrasi ibu hamil tidur.
Sumber :
  • freepik by freepik

VIVA Tekno – Bahan kimia kuat yang pernah digunakan dalam segala hal mulai dari kosmetik, wadah makanan hingga busa pemadam kebakaran dapat berdampak signifikan pada kesuburan wanita di seluruh dunia.

Justin Bieber dan Hailey Baldwin Bakal Punya Anak!

Sebuah studi baru yang dipimpin oleh para peneliti dari Sekolah Kedokteran Icahn di Gunung Sinai, Amerika Serikat menemukan bukti dalam sampel wanita di Singapura yang menghubungkan konsentrasi plasma zat perfluoroalkyl (PFAS) dengan peningkatan kesulitan untuk hamil.

Meskipun sifat hubungan ini tidak jelas, hasilnya menambah kekhawatiran bahwa konsentrasi dari apa yang disebut 'bahan kimia selamanya' di permukaan Bumi, secara diam-diam membahayakan kesehatan kita dan dapat terjadi untuk beberapa waktu mendatang

3 Wanita Asal Bogor Ditangkap di Bandara Kualanamu Diduga Selundupkan Sabu-sabu 19 Kg

Zat per- dan poli-fluoroalkil seperti PFAS adalah senyawa sintetik yang telah digunakan dalam berbagai produk konsumen sejak pertengahan abad ke-20. Berguna sebagai penghalang terhadap air atau zat berminyak, itu biasanya ditemui sebagai pelapis anti lengket dan tahan noda.

Salah satu keistimewaannya adalah kekuatan ikatan karbon-fluorida yang menolak degradasi. Sayangnya, ini juga merupakan salah satu kewajiban bahan tersebut, yang memungkinkannya bertahan selama bertahun-tahun di lingkungan dalam konsentrasi yang terus meningkat.

Ini pentingnya Energi Hijau dan Lingkungan Terlindungi untuk Masa Depan

Mengingat bahwa bahan-bahan ini begitu tersebar luas dan mencakup katalog ribuan varian yang sangat besar, kemungkinan racun potensial bersembunyi di tengah-tengahnya menjadi hal yang tidak bisa diabaikan.

Ilustrasi ibu hamil.

Photo :
  • U-Report

"PFAS dapat mengganggu hormon reproduksi kita dan telah dikaitkan dengan keterlambatan pubertas dan peningkatan risiko endometriosis serta sindrom ovarium polikistik dalam beberapa penelitian sebelumnya," kata penulis senior studi baru, ahli epidemiologi lingkungan Damaskini Valvi dari Gunung Sinai.

Penelitian menambahkan bahwa PFAS juga dapat menurunkan kesuburan pada wanita yang umumnya sehat dan secara alami berusaha untuk hamil, menurut situs Science Alert, Jumat, 24 Maret 2023.

Valvi dan timnya merekrut lebih dari 1.000 sukarelawan melalui studi Singapore Preconception Study of Long-Term Maternal and Child Outcomes, mengumpulkan informasi tentang wanita yang menyatakan keinginan untuk hamil.

Setiap peserta menghadiri tiga sesi prakonsepsi selama beberapa bulan sebelum menerima serangkaian panggilan telepon tindak lanjut selama tahun berikutnya untuk melacak keadaan kehamilan mereka.

Sebuah sub-studi kemudian mengukur tingkat berbagai jenis PFAS dalam plasma darah yang dikumpulkan dari 382 peserta, membandingkannya dengan pengukuran waktu hingga kehamilan dan kemungkinan kehamilan, serta kemungkinan kelahiran hidup.

Tim menemukan penurunan kesuburan sekitar 5 hingga 10 persen antara 25 persen paparan PFAS terendah dan 25 persen berikutnya, dan seterusnya ke dalam kuartil teratas.

Pada akhirnya, ini berarti pengurangan rata-rata sekitar 30-40 persen dalam kemungkinan hamil atau melahirkan dalam satu tahun masa tindak lanjut, pada wanita yang terpapar campuran bahan kimia PFAS yang berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya