Content Creator Ini Sebut Film Tak Cuma untuk Menghibur, tapi juga Edukasi

Content creator.
Sumber :
  • Dreamstime.com

VIVA Tekno – Menonton film bukan hanya kegiatan yang sifatnya menghibur, tapi bisa juga sebagai sarana edukasi. Di mata Content Creator Shafira Adlina, pelajaran mengenai 'parenting' juga bisa didapat orangtua melalui tayangan film bermutu.

Transformasi Guraru dari Acer, Keuntungan yang Didapatkan Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Ia sering berbagi pengalaman dan pengetahuan soal parenting di kanal media sosial dan blog pribadinya. Setiap hari, lebih dari seribu pembaca yang mengakses blognya.

Shafira Adlina merekomendasikan beberapa film mengenai parenting, yang bisa ditonton oleh para orangtua, atau yang tertarik mempelajari pola pengasuhan sejak dini.

Unhas Antisipasi Kecurangan Berteknologi Canggih di UTBK 2024

A Better Life

Tayang perdana pada 2011. Film ini bercerita tentang imigran ayah dan anak. Sang ayah merupakan orang keturunan Meksiko yang tinggal di California, AS bersama putranya yang remaja. Sang ayah sangat menyayangi anaknya dan tidak ingin putranya tersebut tumbuh menjadi gangster.

Kampus di Tangerang Buka Program Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri, Ini Syarat dan Kuotanya

Karena di lingkungan tersebut biasanya gangster merekrut paksa anak-anak imigran. Karena tujuan sang ayah memang tidak ingin, anaknya punya masa depan yang buruk dan menginginkan masa depan yang lebih baik dari dirinya.

Namun, ada sebuah konflik di mana mobil sang ayah dicuri dan dilaporkan ke pihak berwajib. Karena seperti dikatakan sebelumnya, bahwa ayah dan putranya ini adalah imigran gelap yang tidak terdokumentasi. Untuk nonton film lebih seru pastikan punya wifi rumah yang jaringannya lancar agar kegiatan nonton tak ada kendala.

Daughter Of Mine

Film ini berkisah mengenai seorang gadis kecil berusia 10 tahun Vittoria yang hidup bersama ibunya Tina. Namun selama ini ternyata Tina bukan  merupakan ibu kandung melainkan hanya ibu asuh.

Tiba-tiba suatu hari seorang perempuan yang tidak punya tampilan keibuan bernama Angelica, datang ingin menjemput Vittoria. Tina melakukan usaha untuk menjauhkan Vittoria dengan sang ibu kandung Angelica.

Namun, di satu sisi, malah terdapat kedekatan antara ibu dan anak yang semakin kuat. Kira-kira, siapa yang akan dipilih sang anak, ibu asuh atau ibu kandung?

Fatherhood

Tayang pada 2021, sekaligus memperingati hari ayah sedunia. Film ini dibuat dari memoar berjudul 'To Kisses For Maddy: a Memoir Of Love And Love' yang ditulis Matthew Logelin.

Bercerita tentang seorang ayah yang menjadi orangtua tunggal, setelah istrinya meninggal dunia ketika operasi untuk melahirkan anak perempuan. Sang ayah pun belajar bagaimana menjadi orangtua yang sempurna dan mengajarkan banyak hal-hal dasar kepada putrinya.

Mother

Film ini tayang tiga tahun lalu dan merupakan film Jepang yang menggambarkan parenting dengan hubungan tidak sehat antara ibu dan anak. Akiko yang merupakan ibu tunggal punya anak laki-laki bernama Shuhei.

Keduanya berasal dari keluarga baik-baik, namun Akiko kerap bermasalah karena hobinya berjudi sehingga diusir dari rumah orangtuanya. Hidup yang luntang-lantung membuat Akiko tetap tidak sadar dan mempertahankan gaya hidupnya yang kurang baik.

Tidak hanya hobi berjudi, tapi ibu satu anak ini suka bergonta-ganti pasangan dan membuat anaknya terlantar. Shuhei tidak hanya terlantar tapi juga kurang kasih sayang.

The Life Ahead

Mengisahkan seorang wanita tua Yahudi bernama Madame Rosayanh, merupakan korban selamat dari kejahatan genosida terhadap orang Yahudi di Perang Dunia II. Suatu hari seorang dokter yang juga merupakan teman lama dari Madame Rosa menitipkan anak untuk dirawat.

Anak tersebut adalah yatim dari Senegal yang bernama Mohammed atau Momo. Momo ini adalah keturunan Muslim yang perlahan akan membantu Rosa yang sudah tua ketika alami penurunan ingatan. Film ini bercerita tentang wanita Yahudi yang malah bersedia dengan ikhlas merawat anak dari keluarga Muslim.

"Kelima film parenting ini bisa ditonton dari Netflix di Indihome TV milik Telkom Indonesia. Jadi, saya bisa tetap produktif berbagi pengalaman soal parenting kepada masyarakat," ungkap Content Creator Shafira Adlina, Minggu, 2 April 2023.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya