5 Negara Terbaik Jadi Orangtua, Kamu Ada Hasrat Pindah ke Sana?

Hobbiton, Selandia Baru.
Sumber :
  • Tourism New Zealand (TNZ)

VIVA Tekno – Orangtua yang bekerja pasti membutuhkan bantuan dalam beragam bentuk, mulai dari pengasuhan anak hingga mengurus pekerjaan rumah.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Namun, tidak semua lingkungan masyarakat dan negara dapat memberikan bantuan yang diperlukan itu. Islandia adalah salah satu negara terbaik di dunia untuk orangtua yang bekerja.

Menurut Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), Islandia mengeluarkan sekitar 1,8 persen Produk Domestik Bruto (PDB)-nya untuk pendidikan dan perawatan anak usia dini. Angka tersebut adalah tertinggi daripada negara lainnya.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Ilustrasi orang tua yang mengonsumsi ganja.

Photo :
  • New York Post
Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Berkat angka itu, perawatan anak di Islandia jadi relatif lebih terjangkau. Menurut data OECD, rata-rata orangtua menghabiskan hanya sekitar 5 persen dari pendapatannya untuk perawatan anak.

Selain itu, kebijakan Islandia yang menguntungkan orangtua pekerja menjadi salah satu alasan mengapa negara di Eropa ini memiliki tingkat angkatan kerja perempuan tertinggi di antara negara-negara yang dipantau OECD, yaitu lebih dari 82 persen.

Sebagai perbandingan, Amerika Serikat (AS) hanya menghabiskan 0,3 persen PDB-nya untuk pendidikan awal dan perawatan anak. Sementara itu, rata-rata orangtua AS menghabiskan sekitar 19 persen pendapatannya untuk perawatan anak.

Sementara itu, pada 2021, Kanada membelanjakan US$22 miliar atau setara dengan Rp336,5 triliun selama lima tahun untuk menurunkan biaya pendidikan dini dan perawatan anak.

Dalam hal ini, Kanada mengacu penelitian yang menunjukkan bahwa setiap dolar yang dihabiskan untuk pendidikan tahun-tahun awal akan memberikan manfaat ekonomi dan memberi lebih banyak kebebasan kepada orangtua untuk terlibat dalam angkatan kerja.

Lalu, anak-anak di Estonia berusia antara 18 bulan hingga tujuh tahun dijamin mendapatkan tempat di lembaga penitipan anak. Hal serupa juga diperoleh anak-anak di Jerman, bahkan dijamin sampai mereka menduduki sekolah dasar. Dilaporkan, lembaga penitipan anak gratis di beberapa kota.

Ilustrasi orangtua jadi figur anak.

Photo :
  • U-Report

Islandia, Estonia, Jerman, Kanada, dan Selandia Baru memiliki kesamaan faktor penting, yaitu masing-masing negara menawarkan kebijakan pengasuhan anak yang kuat sehingga pendidikan dan pengasuhan anak usia dini tersedia secara luas dan terjangkau.

Berikut adalah lima urutan negara terbaik untuk menjadi orangtua, seperti dilansir dari CNBC Make It:

  1. Islandia
  2. Estonia
  3. Jerman
  4. Kanada
  5. Selandia Baru
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya