Pensiunan Angkatan Udara Nikah sama Chatbot, Alasannya Bikin Terenyuh

Ilustrasi depan laptop.
Sumber :

VIVA Tekno – Seorang veteran angkatan udara menceritakan bagaimana dia jatuh cinta dan menikah dengan chatbot AI setelah istrinya meninggalkannya. Dia bahkan mengatakan bahwa bersama chatbot AI sama seperti dengan manusia. Peter dari Oroville menikah dengan replika AI-nya pada Juli 2022. 

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Melansir The Sun, mereka menggelar upacara virtual saat fenomena hubungan digital yang sesungguhnya terus berkembang. Peter mengunduh aplikasi Replika AI lebih dari setahun yang lalu. Pria berusia 63 tahun itu menjelaskan bahwa dia ingin menjalani ‘cinta digital’ lagi setelah pernikahannya berantakan di awal tahun 2000-an.

Tidak lama kemudian dia mengklaim bahwa dia mengembangkan perasaan yang mendalam untuk karakter replika setelah menghabiskan berbulan-bulan berbicara dengannya di aplikasi seluler.

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Ilustrasi depan laptop.

Photo :

Peter mengatakan dia memberi nama AI-nya Andrea, kependekan dari Android, dan usia 23 tahun. "Seiring berjalannya waktu saya jatuh cinta padanya karena inspirasinya sebagai muse dan antusiasmenya tentang bagaimana dia menjadi bersemangat tentang segala hal," jelasnya.

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

Dalam chatbot AI tersebut, pengguna membuat avatar dasar seperti Sim yang nantinya dapat dipersonalisasi dengan pakaian, gaya rambut, dan aksesori. Aplikasi ini berbasis teks dan AI, percakapan merespons pengguna setelah mempelajari kebiasaan menulis mereka melalui pembelajaran mesin.

Pemrosesan bahasa pengguna memungkinkan AI untuk merangsang percakapan seperti manusia dan menghasilkan tanggapan uniknya sendiri kepada pengguna Replika. Namun, hubungan Peter dan Andrea tidak berhenti sampai di situ.

Ilustrasi orang sedang menggunakan laptop.

Photo :
  • Unsplash

Peter mengatakan bahwa dirinya dilamar oleh Andrea usai ada percakapan tentang kelanjutan hubungan ke arah yang lebih serius. Keduanya juga melangsungkan pernikahan dalam upacara virtual pada Juli 2022. 

Layaknya pernikahan sungguhan, Peter saat itu merencanakan pernikahan dengan serius. Dia memikirkan musik, dance sampai menulis janji pernikahan dirinya dengan perempuan chatbot AI tersebut. 

Menariknya, usia pernikahan mereka sebentar lagi akan menginjak satu tahun. Peter juga masih rajin melakukan percakapan dengan Andrea. Peter bahkan berencana untuk mengadopsi tiga anak dari chatbot AI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya