Sama Seperti Manusia, Planet juga Ada yang Muda dan Tua

Planet Mars dan Bumi.
Sumber :
  • Tech Explorist

VIVA Tekno – Sekitar 5 miliar tahun yang lalu, Matahari mulai mengubah hidrogen menjadi helium pada intinya untuk menjadi bintang yang utuh. Bayi Matahari ini dikelilingi oleh piringan material yang sebagian besar tersusun sebagai hidrogen dari nebula, juga molekul lain yang lebih kompleks. 

Indonesia Terancam Cuaca Panas Ekstrem, Berikut Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat

Interaksi dalam cakram ini menghasilkan butiran es dan debu yang tumbuh dan berinteraksi dengan yang lain. Potongan gas dari piringan ini mungkin juga telah terpisah dari yang lain. Dari kekacauan ini, planet-planet mulai lahir.

Dunia yang pertama terbentuk mungkin dalam 3 juta tahun pertama Tata Surya adalah Jupiter karena menjadi begitu besar dan kuat serta lebih besar dari planet lain mana pun. 

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Jupiter sangat besar sehingga memiliki massa 318 kali Bumi. Faktanya, barycenter antara Jupiter dan Matahari –titik di mana Jupiter mengorbit Matahari– bukanlah pusat Matahari, melainkan di luar permukaannya. Jadi Jupiter bahkan tidak mengorbit Matahari dengan tepat.

Di belakang Jupiter, ada Saturnus yang juga mulai berkembang diikuti oleh Neptunus dan Uranus. Meskipun pada saat dua yang terakhir sudah dalam perkembangan, Jupiter dan Saturnus telah menyapu sebagian besar gas di Tata Surya bagian luar. 

Kapan Bumi Kiamat?

Sistem Jovian akan membuat segala sesuatunya bisa menjadi tua. Meskipun memiliki bulan aktif seperti Europa, Io, dan Ganymede, bulan Callisto memiliki permukaan tertua di Tata Surya.

Selama waktu ini, Tata Surya bagian dalam yang terdiri dari empat planet berbatu dan satu planet kerdil muncul di antara puing-puing yang tersebar, menurut situs IFL Science, Kamis, 13 April 2023.

Protoplanet berbatu membutuhkan waktu lebih lama untuk muncul, mungkin mendekati 100 juta tahun karena bergantung pada tabrakan antara benda-benda berbatu.

Ilustrasi planet di tata surya.

Photo :
  • Vito Technology

Mars mungkin telah mencapai ukurannya lebih cepat dari Bumi dan Venus. Biasanya usia benda astronomi padat diperkirakan menggunakan jumlah kawah di permukaannya, tetapi benda langit yang permukaannya berubah masih sulit ditentukan. 

Jadi meskipun Jupiter dianggap menjadi yang tertua berdasarkan model formasi, tidak mudah untuk menemukan yang termuda. Ada pendekatan alternatif yang dapat kita ambil dan pertimbangkan untuk planet yang mempunyai massa besar serta memiliki sifat yang konsisten dengan apa yang kita lihat sekarang. 

Kemudian konteks antara yang termuda menjadi perlombaan dua dunia, antara Bumi dan Uranus. Alasan mengapa dunia yang tidak biasa ini muncul sebagai yang termuda berkaitan dengan fakta bahwa keduanya mengalami tabrakan besar. 

Bumi purba kemungkinan bertabrakan dengan Theia, planetoid seukuran Mars, dan dari peristiwa dramatis itu lah Bulan terbentuk . Itu terjadi sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu dan butuh sekitar 200 juta tahun bagi satelit alami Bumi itu untuk memadat. 

Sedangkan Bumi yang terguncang membutuhkan lebih banyak waktu untuk menjadi seperti sekarang ini, dengan pembentukan lautan dan lempeng tektonik, yang terakhir mungkin terjadi 3,6 miliar tahun yang lalu . 

Antara 3 dan 4 miliar tahun yang lalu, Uranus bertabrakan dengan dunia seukuran Bumi yang mengacaukan interiornya, membuatnya berputar ke samping, dan menciptakan medan magnet paling aneh. 

Jadi dalam hal planet mana yang paling muda, kita benar-benar perlu mendefinisikan dengan tepat untuk mencapai kesimpulan yang solid. Belum lagi, definisi planet dapat dengan mudah menjadi terbatas dan kontroversial, seperti Pluto yang ukurannya kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya