Link Live Streaming Gerhana Matahari Hibrida Hari Ini, 20 April 2023

Gerhana Matahari.
Sumber :
  • NU Online

VIVA Tekno – Gerhana Matahari Hibrida akan terjadi Kamis hari ini, 20 April 2023. Inilah link live streaming, lokasi dan jadwalnya.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana Matahari hibrida adalah gerhana yang terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris sehingga di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

Namun, pada tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi sama dengan piringan Matahari.

Gempa Garut Terasa hingga Bandung, BMKG: Jenis Menengah dan Tak Berpotensi Tsunami

Karena itu, saat puncak gerhana di suatu tempat tertentu, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Sedangkan, tempat tertentu lainnya, Matahari seakan-akan tertutupi Bulan. Uniknya, fenomena astronomi langka ini, berbarengan dengan puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Anda jangan ambil risiko melihat langsung gerhana Matahari hibrida dengan mata telanjang. Bahayanya cukup serius, bisa menimbulkan kebutaan.

Para ilmuwan menyarankan agar tidak melihat langsung ke langit saat terjadi gerhana Matahari hibrida meski hanya beberapa detik saja. Inilah link live streaming Gerhana Matahari Hibrida:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya