Trafik Data Telkomsel Melonjak di 5 Wilayah Ini, Jakarta Termasuk?

Menara BTS Telkomsel.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Telkomsel mencatat pertumbuhan trafik data atau broadband mencapai 11,7 persen di sepanjang momen Ramadhan dan Idul Fitri 2023 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 11,4 persen.

Cuma Warga +62, Emak-emak Dasteran Naik Lamborghini ke Warung

Untuk layanan pesan singkat (SMS) tumbuh 14,1 persen, serta trafik layanan panggilan suara (voice call) menurun sebanyak 20 persen.

Operator telekomunikasi pelat merah itu memaparkan bahwa peningkatan aktivitas digital yang mencakup akses layanan komunikasi, seperti instant messaging dan video conference yang tumbuh 5,5 persen, serta akses mobile game yang melonjak hingga 15,2 persen.

Download Video TikTok Kualitas HD di Ssstiktok: Begini Caranya

Untuk layanan digital yang mengalami pertumbuhan trafik tertinggi dikontribusi dari akses pelanggan ke layanan pesan instan WhatsApp yang melonjak hingga 40,3 persen, aplikasi media sosial seperti TikTok 28,5 persen, SnackVideo 23,4 persen, Instagram 14,2 persen, dan YouTube meningkat hingga 12 persen.

Catat! Surat Tilang Kini Dikirim Polisi Lewat 5 Nomor WhatsApp Ini dan Bukan APK

Gerai Telkomsel.

Photo :
  • Dok. Telkomsel

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengaku sudah mengantisipasi lonjakan trafik data atau broadband melalui optimalisasi infrastruktur jaringan berteknologi terdepan serta menjamin ketersediaan produk dan layanan digital unggulan.

Ia juga memaparkan ada lima wilayah yang mengalami peningkatan trafik broadband tertinggi. Kelimanya adalah Kabupaten Cilacap yang tumbuh 58,8 persen, Kabupaten Ciamis 58,4 persen, Kabupaten Tasikmalaya mencapai 54,9 persen, dan Kabupaten Garut 54,4 persen – keempatnya dari Jawa Barat.

Terakhir Kabupaten Langkat, Sumatera Utara yang tumbuh hingga 38,7 persen. Lebih lanjut Saki memaparkan bahwa Kabupaten Cilacap, Kota Bandung, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Tasikmalaya menjadi lima wilayah destinasi tujuan mudik yang mengalami pergerakan pelanggan paling signifikan.

"Kami terus berkomitmen menghadirkan inovasi teknologi jaringan serta layanan terdepan guna memperkuat ekosistem gaya hidup digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan," ungkap Saki, dalam keterangan resminya, Senin, 24 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya