Laporan UFO Terus Bertambah, Tembus 650 Insiden

Awan merah besar berbentuk seperti UFO.
Sumber :
  • The Washington Post

VIVA Tekno – Kepala kantor Pentagon yang meninjau fenomena dari anomali tak dikenal yang dilaporkan (UAP –umumnya dikenal sebagai UFO, benda terbang tak dikenal) mengatakan kepada Kongres Amerika Serikat pada minggu ini bahwa kantornya sekarang meninjau lebih dari 650 insiden.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Tetapi sejauh ini, tidak ada yang menunjukkan bukti aktivitas luar angkasa atau menentang hukum fisika yang diketahui, melansir dari situs Science Alert, Rabu, 26 April 2023.

Direktur All-domain Anomaly Resolution Office (AARO), Sean M. Kirkpatrick, mengatakan kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat AS pada 19 April 2023, memberikan pembaruan tentang penyelidikan mereka terhadap UAP yang telah dilaporkan oleh personel militer.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Dua video baru yang dirilis pada sidang kongres terbuka ditampilkan untuk menyoroti bagaimana AARO yang baru dibentuk dapat menjelaskan beberapa insiden.

"Saya ingin menggarisbawahi hari ini bahwa hanya sebagian kecil dari laporan UAP yang menampilkan tanda yang secara wajar dapat digambarkan sebagai 'anomali'," kata Kirkpatrick.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Mayoritas objek tak dikenal yang dilaporkan ke AARO menunjukkan karakteristik balon, sistem udara tak berawak, kekacauan, fenomena alam, atau sumber lain yang mudah dijelaskan.

Satu video yang tersedia di situs web Pentagon, menunjukkan insiden yang terjadi di Timur Tengah pada 12 Juli 2022, di mana benda berbentuk bola terbang tampak seperti pangkalan militer dan ditangkap dalam rekaman udara oleh drone MQ-9. Objek ini masih dalam penyelidikan dan tidak teridentifikasi.

Jet tempur AS menembak jatuh balon mata-mata China di perairan Carolina, AS

Photo :
  • Chad Fish via AP

Video lain menunjukkan pemandangan sebuah insiden yang dikatakan Pentagon terjadi di Asia Selatan pada 15 Januari 2023. Dalam hal ini drone MQ-9 menangkap video inframerah yang menunjukkan MQ-9 lain, sementara objek lain terbang melalui bidang pandang.

Dalam hal ini, setelah menganalisis dan meninjau rekaman dan informasi tambahan, objek tersebut ditentukan sebagai pesawat komersial, "Kalau dilihat mirip pesawat terbang," ujarnya.

Kirkpatrick mengatakan 650 insiden UAP yang dilaporkan oleh personel militer merupakan peningkatan dari 510 yang dilaporkan komunitas intelijen AS dalam laporan UAP sebelumnya yang dirilis pada Januari tahun ini.

Kirkpatrick mencatat bahwa sebagian besar laporan UAP dari militer mengikuti garis tren yang serupa, dengan sebagian besar terjadi antara ketinggian 15.000 hingga 25.000 kaki (4.572 hingga 7.620 meter), merupakan wilayah udara yang dikendalikan untuk pesawat militer.

Untuk penampakan yang belum terselesaikan, para ahli AARO merasa kemungkinan penjelasannya adalah bahwa penampakan tersebut merupakan teknologi yang diciptakan oleh musuh AS, bukan alien.

Lebih dalam Kirkpatrick menyebut data yang lengkap seharusnya dapat membantu penyelidik melakukan tinjauan yang lebih menyeluruh.

"Tanpa data yang cukup, kami tidak dapat mencapai kesimpulan yang dapat dipertahankan, yang memenuhi standar ilmiah tinggi yang kami tetapkan untuk resolusi, dan saya tidak akan menutup kasus yang tidak dapat kami pertahankan kesimpulannya," katanya.

Sebanyak 52 persen laporan melibatkan objek yang digambarkan sebagai 'bulat atau bola'. Sebagian besar benda bulat memiliki ukuran mulai dari 1 hingga 4 meter (3,3 hingga 13,1 kaki) dan digambarkan sebagai 'logam putih, perak, atau tembus cahaya', mulai dari diam hingga dua kali kecepatan suara.

Kirkpatrick menekankan bahwa timnya masih belum menemukan penjelasan dari luar Bumi atas penampakan tersebut.

"Saya juga harus menyatakan dengan jelas sebagai catatan dalam penelitian kami, bahwa AARO sejauh ini tidak menemukan bukti yang kredibel tentang aktivitas luar angkasa, teknologi di luar dunia, atau objek yang menentang hukum fisika yang diketahui," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya