Mantan Karyawan Apple Dipenjara karena Korupsi

Apple Inc.
Sumber :
  • Yahoo Finance

VIVA Tekno – Seorang mantan karyawan Apple telah dijatuhi hukuman tiga tahun penjara dan harus membayar kembali lebih dari US$19 juta atau Rp297 miliar sebagai ganti rugi karena mencuri US$17 juta atau Rp250 miliar dari raksasa teknologi tersebut melalui skema penipuan surat dan telegram.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah

Dhirendra Prasad, berusia 55 tahun, awalnya didakwa pada Maret 2022 dan kemudian mengaku bersalah atas berkonspirasi untuk menipu Apple dan kejahatan pajak terkait pada November tahun lalu.

Prasad bekerja di Apple antara 2008 dan 2018 sebagian besar bekerja sebagai pembeli di rantai pasokan layanan global Apple, membeli suku cadang dan layanan dari vendor untuk digunakan Apple guna melakukan perbaikan garansi, melansir Business Insider.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Toko Apple gadungan di Kunming, China.

Photo :
  • BirdAbroad.wordpress.com
Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Dalam perjanjian pembelaan tertulisnya, Prasad mengaku mulai menyedot uang dari "majikannya" sekitar 2011 dengan menerima suap, mencuri suku cadang, menggelembungkan tagihan, dan secara curang menagih Apple untuk barang yang tidak pernah dikirimkan.

Ia juga mengaku menghindari pajak atas hasil rencananya dan bersekongkol dalam kegiatan ini dengan pemilik dua perusahaan vendor, yang telah didakwa dalam kasus terpisah.

Dalam salah satu contoh pada 2013 yang dikutip oleh jaksa ketika dia mengaku bersalah, Prasad mengirimkan motherboard yang sudah dimiliki oleh Apple ke Baker, yang perusahaannya membongkar dan menjualnya kembali sebagai bagian individu, secara efektif menagih Apple untuk propertinya sendiri.

Pada 2016, Prasad mengirim lebih banyak suku cadang Apple ke Hansen, yang hanya mengemas ulang dan mengirimnya kembali seolah-olah itu adalah pesanan baru, sekali lagi memaksa Apple untuk membayar propertinya sendiri.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ) mengklaim bahwa Prasad mengeksploitasi posisinya sebagai pembeli dan menggunakan informasi orang dalam terkait teknik deteksi penipuan Apple untuk mencoba menyembunyikan aktivitas kriminalnya.

Perampok di Fresno Apple Store

Photo :
  • Facebook/ABC30 Action News

“Berdasarkan posisinya di Apple, Prasad diberi keleluasaan besar untuk membuat keputusan otonom demi keuntungan majikannya,” kata DOJ dalam pernyataan yang diterbitkan pada hari Rabu pekan lalu. “Prasad mengkhianati kepercayaan ini, dan menyalahgunakan kekuasaannya untuk memperkaya dirinya sendiri atas biaya majikannya, sambil menerima kompensasi ratusan ribu dolar AS dari Apple dalam bentuk gaji dan bonus.”

Prasad mengaku bersalah atas satu dakwaan konspirasi untuk melakukan penipuan surat dan penipuan kawat dan satu dakwaan konspirasi untuk menipu Amerika Serikat (AS).

Selain hukuman penjara tiga tahun, Prasad telah setuju untuk membayar kembali US$19.270.683 sebagai ganti rugi US$17.398.104 ke Apple dan US$1.872.579 ke IRS untuk pajak yang harus dia bayar. Dia juga telah diperintahkan untuk menyita lebih dari $5,4 juta aset yang telah disita pemerintah dan membayar tambahan $8,1 juta dalam bentuk tunai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya