Jangan Sepelekan Lumut

Lumut ditanam dalam pot.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno - Lumut termasuk dalam kategori tumbuhan darat tertua. Fauna ditemukan di seluruh dunia, mulai dari hutan hujan tropis yang rimbun hingga gurun terkering , bahkan perbukitan Antartika yang tersapu angin.

Kemalangan di Gaza, Warga Palestina Minum Air Tidak Layak Konsumsi

Mereka ada di mana-mana , tumbuh di retakan di sepanjang jalan dan jalur, di batang pohon, di bebatuan dan bangunan, dan yang terpenting, di tanah.

Namun terlepas dari keberadaannya di mana-mana, peneliti memiliki pemahaman yang relatif buruk tentang betapa pentingnya mereka, terutama jenis lumut yang tumbuh subur di tanah.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Penelitian global baru tentang lumut tanah yang diterbitkan di Nature Geoscience mengungkapkan bahwa mereka memainkan peran penting dalam mempertahankan kehidupan di planet kita. 

Tanpa lumut tanah, kemampuan Bumi untuk menghasilkan tanah yang sehat, menyediakan habitat bagi mikroba dan melawan patogen akan sangat berkurang. Hasil studi baru menunjukkan kita mungkin telah meremehkan betapa pentingnya lumut tanah.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Dengan menggunakan data dari 123 lokasi di semua benua termasuk Antartika, penelitian menunjukkan bahwa tanah di bawah lumut memiliki lebih banyak nitrogen, fosfor, dan magnesium, serta aktivitas enzim tanah yang lebih besar daripada permukaan tanah tanpa tanaman.

Faktanya, lumut mempengaruhi semua fungsi utama tanah, meningkatkan penyerapan karbon, siklus hara, dan penguraian bahan organik. Proses ini sangat penting untuk mempertahankan kehidupan di Bumi.

Lumut Tionesta Moss.

Photo :
  • U-Report

Pemodelan mengungkapkan bahwa lumut tanah menutupi wilayah yang sangat luas di planet ini, sekitar 9 juta kilometer persegi –setara dengan wilayah China. Dan itu belum termasuk lumut dari hutan boreal yang tidak termasuk dalam penelitian.

Kekuatan efek lumut pada tanah tergantung pada kondisi pertumbuhannya. Mereka memiliki efek terkuat di lingkungan alami dengan produktivitas rendah, seperti gurun. Tumbuhan itu juga menjadi lebih penting pada tanah berpasir dan asin serta di mana curah hujan sangat bervariasi.

Tidak mengherankan, lumut memiliki efek terkuat pada tanah di tanaman vaskular –yang mengandung jaringan khusus untuk mengalirkan air dan mineral, melansir dari situs The Conversation, Senin, 15 Mei 2023.

Lumut tidak memiliki saluran air yang memungkinkan tanaman vaskular tumbuh tinggi dan menarik air dari bawah tanah. Ini membuat tanaman relatif pendek dan mengembangkan hubungan yang erat dengan lapisan tanah paling atas.

Lumut sangat menyerap dan dapat menarik partikel debu di udara. Beberapa partikel ini dimasukkan ke dalam tanah di bawah. Maka tidak mengherankan jika mereka memiliki pengaruh yang kuat pada tanah.

Pemodelan menunjukkan bahwa di seluruh dunia, lumut menyimpan 6,4 gigaton lebih banyak karbon daripada tanah tanpa tutupan tanaman.

Kehilangan 15 persen lumut tanah global akan setara dengan emisi karbon dioksida global dari semua perubahan penggunaan lahan selama setahun, seperti pembukaan lahan dan penggembalaan berlebihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya