12 Calon Dirut BAKTI Dinyatakan Tidak Lolos

Pelaksana Tugas Menteri Kominfo, Mahfud MD.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan sebanyak 12 peserta yang mengikuti seleksi calon Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dinyatakan tidak lulus.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Pelaksana Tugas (Plt) Menkominfo Mahfud MD mengatakan bahwa badan di bawah Kementerian Kominfo itu telah mengadakan seleksi terbuka untuk calon Dirut BAKTI melalui satu lembaga asesmen dari Universitas Indonesia.

"Dan sudah lewat separuh perjalanan, ketika sudah mengerucut itu ternyata tidak ada yang lulus untuk jabatan Dirut sehingga tidak ada yang bisa diwawancarai lebih lanjut," ujarnya di Jakarta, Jumat, 26 Mei 2023.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Litbang SDM Kominfo Hary Budiarto menjelaskan seleksi secara terbuka diadakan sejak 13 April 2023, dimulai dari kegiatan pengumuman, penerimaan berkas peserta secara online, dilanjutkan seleksi administrasi untuk persyaratan peserta.

Kemudian dilanjutkan dengan penulisan makalah dan tes asesmen untuk profil serta kompetisi yang dimiliki masing-masing peserta.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Namun belum sampai dinyatakan lulus menuju tiga besar, dinyatakan tidak ada yang lulus. Oleh sebab itu akan ada pengumuman lebih lanjut tentang apa yang akan dilakukan selanjutnya mengingat tidak ada peserta yang lolos.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

"Pada tahap awal panitia seleksi menerima 23 pendaftar yang mengikuti seleksi terbuka Dirut BAKTI. Dari hasil seleksi administrasi diterima 15 peserta yg mengirim berkas secara lengkap," katanya.

Kemudian ada tahapan seleksi penulisan makalah di mana 12 peserta yang dinyatakan lolos harua mengikuti tahap asesmen. Nama-nama pesertanya sendiri telah diumumkan secara terbuka di web Kominfo.

Lalu 26 Mei 2023, seharusnya dilakukan pengumuman tiga besar dari peserta yang lolos seleksi tahapan asesmen terhadap profil perilaku, kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural dan tambahan sesuai dengan kebutuhan profil Dirut BAKTI.

Berdasarkan hasil penilaian tahap asesmen pada pengisian jabatan Dirut BAKTI, panitia seleksi memutuskan 12 peserta yang mengikuti tahapan seleksi tidak ada yang memenuhi kompetisi yang telah ditentukan.

Dengan demikian, seluruh peserta yang mengikuti tahapan asesmen tidak lulus. "Sehubungan dengan hasil tersebut, panitia seleksi akan kembali melaksanakan seleksi terbuka yang waktunya akan ditentukan kemudian," imbuh Mahfud MD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya