Alien Merespons Bumi, Apa Selanjutnya?

Alien.
Sumber :
  • Slate.com

VIVA Tekno - Baru-baru ini tersiar informasi bahwa Bumi menerima sinyal alien. Namun ini bukan alien sesungguhnya melainkan simulasi dari wahana Trace Gas Orbiter Mars milik Eropa melalui Tes SETI (search for extraterrestrial intelligence). 

Kapan Bumi Kiamat?

Penelitian ambisius ini melibatkan wahana di Planet Mars yang mengirim sinyal berkode, kemudian diterima tiga teleskop besar di Bumi. Ini memulai upaya global untuk menguraikan sinyal rahasia tersebut. 

Proyek tersebut mereka namakan A Sign in Space, proyek multimingguan yang dipimpin oleh Daniela de Paulis, artis yang saat ini tinggal di SETI Institute di Mountain View, California dan Green Bank Observatory di West Virginia.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

"Sepanjang sejarah, umat manusia telah mencari makna dalam fenomena yang kuat dan transformatif," kata de Paulis dalam sebuah pernyataan, mengutip dari laman Space, Jumat, 26 Mei 2023.

Teleskop radio MeerKAT di Afrika Selatan.

Photo :
  • SARAO
Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Menerima pesan dari peradaban luar Bumi akan menjadi pengalaman transformasi yang mendalam bagi seluruh umat manusia, menurutnya.

A Sign in Space menawarkan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk secara nyata berlatih dan mempersiapkan skenario ini melalui kolaborasi global, mendorong pencarian makna tanpa batas di semua budaya dan disiplin ilmu.

Observatorium Green Bank adalah salah satu dari tiga ruang lingkup yang mendengarkan sinyal Trace Gas Orbiter, bersama dengan Array Teleskop Allen SETI Institute di California utara dan Stasiun Astronomi Radio Medicina di Italia utara, yang dikelola oleh Badan Nasional Italia Institut Astrofisika.

Para peneliti di masing-masing fasilitas tersebut sekarang akan memproses sinyal alien tersebhr dan membuatnya tersedia untuk kolega di seluruh dunia dan masyarakat luas. Tim proyek menginginkan orang-orang dari berbagai latar belakang untuk mempelajari sinyal dan mencoba menguraikannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya