Viral Harga Kapal Sekali Lewat Terusan Suez Rp1,4 Miliar, Netizen: Saya Shock

Terusan Suez.
Sumber :
  • www.history.com

Jakarta – Terusan Suez merupakan salah satu rute pelayaran penting dunia. Terusan Suez diresmikan tahun 1869 dan memiliki panjang 163 km yang menghubungkan laut tengah dan laut merah.

Polisi Sulsel Gagalkan Penyulundupan Sabu 30 Kilogram Senilai Rp 46 M

Kapal yang melintasi terusan Suez ini dapat menghemat jarak tempuh ribuan kilometer dari Eropa ke Asia tanpa harus mengelilingi Afrika. Lalu, berapa harga kapal sekali lewat terusan Suez?

Kapal Ever Given (Evergreen group) tersangkut kanal Terusan Suez

Photo :
  • Suez Canal Authority
Tank Israel Siap Serang Rafah Jika Tak Ada Kesepakatan Gencata Senjata Setelah 72 Jam

Baru-baru ini viral di media sosial TikTok yang memperlihatkan pelaut Indonesia yang membeberkan harga biaya per 1 kali transit di terusan Suez.

“Biaya yg kita bayar per 1x transit = Rp1,4 miliar, ya,” tulis keterangan di dalam video yang memperlihatkan susana terusan Suez.

Tim UI Torehkan Sejarah Baru di Kompetisi Pemrograman Tertua Dunia ICPC 2023

Selain itu pengunggah video juga memberikan keterangan, bahwa harga Rp1,4 miliar sekali transit itu bukan harga yang rata bagi semua kapal, tetapi biaya yang dikeluarkan tergantung ukuran besar kapal.

“Biaya yg di keluarkan tergantung ukuran besar kappa ya Guys.” Tambahnya informasi yang dituliskan dalam caption.

Unggahan tersebut tentunya membuat netizen kaget dengan harganya:

“Saya shock… mampir doang busa buat beli rumah”

“1,4 m itu uang semua bang”

“Kalo getek lewat sana bayar juga gak bang?”

Perlu diketahui, dilansir dari Suezcanal.gov.ed, Senin, 19 Juni 2023, ternyata biaya untuk melewati Terusan Suez mempunyai 13 kategori. Kategori tersebut antara lain tanker minyak mentah, tanker minyak bumi, kargo kering, dan lain-lain. Tarif juga mempertimbangkan jenis kargo, panjang kapal, serta berat tonase kapal

Terusan Suez.

Photo :
  • www.history.com

Kapal-kapal yang lewat juga dikenai berbagai macam biaya jasa, seperti jasa kapal pandu, jasa pelabuhan, hingga biaya sampah.

Ditotal, sebuah kapal bisa dikenai biaya miliaran rupiah sekali lewat. Sebagai gambaran, kapal dengan tonase 33.000 ton harus membayar US$300 ribu hingga US$400 ribu atau sekitar Rp4-5 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya