XL Axiata Pilih Batam untuk Peningkatan Layanan Internet

Logo XL Axiata.
Sumber :
  • Dok. XL Axiata

VIVA Tekno  – PT XL Axiata Tbk melalui XL Satu yang merupakan layanan fixed mobile convergence (FMC) mengadopsi teknologi Fiber To The Room ( FTTR ) yang diklaim akan meningkatkan kenyamanan dalam berinternet di dalam rumah.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Menurut Chief Corporate Affairs XL Axiata Marwan O Baasir langkah ini dalam upaya meningkatkan kualitas dari XL Satu yang merupakan bagian dari pengembangan layanan konvergensi XL Axiata.

"Hal ini juga searah dengan terus meningkatnya permintaan layanan XL One fiber yang prediksi kami akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang,” ujarnya di Jakarta pada Senin, 17 Juli 2023.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Adopsi teknologi terbaru dan perluasan pasar ini akan terus mereka lakukan, di mana operator melihat besarnya potensi pasar di Indonesia. Pembangunan jaringan fiber akan terus meluas ke area-area baru.

Penggunaan FTTR dilakukan untuk mencegah penurunan kecepatan yang disebabkan oleh jaringan WiFi yang kurang mampu menembus sekat, seperti tembok rumah, dan partisi rumah yang berdampak buruk pada pengalaman pelanggan.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Penggunaan teknologi ini akan memastikan pengalaman berinternet yang lebih lancar, cepat, dan stabil secara merata di seluruh ruangan rumah atau bangunan.

Bekerja sama dengan Huawei, FTTR adalah solusi inovatif dengan pemasangan kabel fiber optik sebagai jaringan media, yang dipasang di masing-masing ruangan dalam sebuah rumah atau bangunan.

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Terobosan ini akan memastikan stabilitas dan kecepatan internet yang merata ke seluruh ruangan di rumah yang tidak dapat dijangkau oleh perangkat mesh wifi.

Perangkat FTTR diklaim mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam menikmati video online streaming, game online, layanan telecommuting, serta memberikan pengalaman ekosistem smart home yang konsisten, stabil, dan mulus.

Selain itu diumumkan juga bahwa XL Satu Fiber telah hadir di 63 kota dan kabupaten/kota dengan Kota Batam menjadi area terbaru yang terlayani.

Batam terpilih karena antusias dari warga di sana yang cukup tinggi ke website maupun media sosial.

Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang sangat dekat dan berbelok langsung dengan Singapura dan Malaysia, sehingga menjadi potensi pemasaran layanan internet.

"Kami akan terus memperluas jangkauan layanan XL Satu Fiber. Setelah Kota Batam sudah ada beberapa kota lagi yang menjadi target perluasan lokasi selanjutnya. Selama ini kami memang lebih mengutamakan membangun kualitas layanan ini dan sekaligus menyiapkan infrastruktur jaringan di area-area potensial," imbuh Marwan.

Sebelum Batam, produk FMC ini sudah hadir di kota-kota besar di seluruh Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, Pontianak, Makassar, Balikpapan, Samarinda, Manado dan sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya