Kebijakan Larangan Berbagi Kata Sandi bikin Pengguna Netflix Nambah

Netflix gratis.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Netflix mengatakan tindakan keras berbagi kata sandinya berhasil. Dalam laporan pendapatan kuartal kedua yang diposting pada hari Rabu, streamer mengatakan melihat penambahan 5,9 juta pelanggan secara global, dengan Amerika Serikat dan Kanada membuat 1,17 juta anggota baru dari April hingga Juni.

Realme Menyapa Pengguna Lewat WhatsApp

Sekarang, Netflix akan mulai menangani pembagian kata sandi di semua negara yang tersisa. Kebijakan berbagi kata sandi perusahaan baru berlaku di AS pada akhir Mei setelah streamer mulai memberi tahu pengguna tentang biaya tambahan US$7,99 (Rp120 ribu) per bulan.

Data dari perusahaan analitik Antenna menunjukkan bahwa raksasa layanan streaming itu melihat lonjakan pelanggan yang dramatis pada hari-hari setelah tindakan keras tersebut. 

Susah-susah Kerja Keras, Fuji Curhat Selalu Serba Salah di Mata Netizen

Selain AS, Netflix juga meluncurkan layanan berbagi berbayar di Kanada, Selandia Baru, Portugal, dan Spanyol melansir dari situs The Verge, Kamis, 20 Juli 2023.

Netflix mengatakan pendapatan sekarang menjadi 'lebih tinggi' di setiap wilayahnya, menambahkan bahwa pendaftaran sudah melebihi jumlah pembatalan. 

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Rilis mencatat Netflix 'melihat konversi yang sehat dari rumah tangga peminjam, menjadi keanggotaan Netflix yang membayar penuh' serta lebih banyak pengguna yang menambahkan anggota tambahan ke akun.

Selama panggilan pendapatan, Kepala Keuangan Netflix Spencer Neumann mengatakan sebagian besar pertumbuhan pendapatan perusahaan tahun ini akan berasal dari keanggotaan berbayar baru, yang sebagian besar didorong oleh peluncuran berbagi kata sandi perusahaan.

Film Dear David puncaki Netflix top 10 Indonesia

Photo :
  • Netflix Indonesia

Jadi diharapkan perusahaan tidak akan menaikkan harga secara keseluruhan lagi pada tahun 2023 atau melihat dampak yang signifikan pada keuntungan dari proyek lain seperti iklan atau game.

Sementara Netflix meraup pendapatan US$8,2 miliar selama kuartal tersebut, sekarang diharapkan memiliki setidaknya US$5 miliar arus kas bebas untuk tahun 2023, bukan perkiraan sebelumnya sebesar US$3,5 miliar. 

Perusahaan mengatakan tambahan US$1,5 miliar mencerminkan 'pengeluaran konten tunai yang lebih rendah pada tahun 2023 daripada yang kami perkirakan semula' karena pemogokan penulis dan aktor Hollywood. 

Pemogokan kemungkinan akan mempersulit Netflix untuk mendorong keluar konten baru. Acara seperti Stranger Things L, Big Mouth, Emily in Paris, The Sandman dan lainnya telah menghentikan produksi di tengah pemogokan.

Tingkat dukungan iklan Netflix seharga US$ 6,99 (Rp105 ribu) per bulan mungkin juga berkontribusi pada peningkatan pendapatan streamer sebesar 3 persen dari tahun ke tahun. 

Meskipun tier tersebut memiliki awal yang agak lambat, tier tersebut tumbuh menjadi 5 juta pengguna secara global pada bulan Mei karena Netflix menambahkan dukungan untuk video 1080p dan kemampuan untuk menonton dua streaming sekaligus. 

Karena Netflix terus melipatgandakan iklan, mereka menarik akses ke paket bebas iklan termurah di AS, Inggris dan Kanada, sebuah langkah yang menurut co-CEO Netflix, Greg Peters akan 'mengoptimalkan' struktur paket layanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya