Singapura Geser Jepang Jadi Negara Terkuat di Dunia

Tokyo, ibu kota Jepang.
Sumber :
  • Freepik/tzido

Singapura – Singapura kini menduduki peringkat teratas sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia menggulingkan Jepang yang lama bertengger di posisi pertama.

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Warga Singapura bisa menikmati masuk bebas visa ke 192 negara di dunia, lebih banyak daripada pelancong dari negara lain, menurut Indeks Paspor Henley terbaru.

Negara di Asia Tenggara terakhir memegang posisi teratas pada tahun 2021, sebelum kehilangan posisinya ke Jepang pada tahun berikutnya, melansir Al Jazeera, Kamis 20 Juli 2023.

Imigrasi Bali Tahan Paspor Hyoyeon Girls Generation, Bomi Apink hingga I.O.I Im Nayoung

Kota Singapura. Image via: Culture Trip

Photo :
  • U-Report
Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Jerman, Italia, dan Spanyol berada di urutan kedua, dengan pemegang paspor mereka bisa menikmati akses ke 190 tujuan. Jepang, yang menduduki peringkat pertama dalam empat dari lima tahun terakhir, kini menduduki peringkat ketiga dengan 189 destinasi, disandingkan dengan Prancis, Austria, Finlandia, Swedia, Luksemburg, dan Korea Selatan.

Amerika Serikat (AS), yang menempati peringkat pertama pada 2014, turun ke peringkat kedelapan, posisi terendahnya. Greg Lindsay, Urban Tech Fellow di Cornell Tech, mengatakan penurunan peringkat AS yang terus-menerus selama dekade terakhir dapat disebabkan oleh kurangnya timbal balik visa di negara tersebut.

"Alasan kemerosotan AS mudah untuk dijelaskan dan membingungkan: mereka sudah tidak berusaha," kata Lindsay dalam analisis yang menyertai indeks.

Dari 34 negara yang berada di peringkat antara 1 dan 10, AS memiliki peningkatan terkecil dalam skor Indeks Paspor Henley antara 2013 dan 2023, dengan akses tambahan hanya ke 12 negara.

“Singapura sebaliknya. Negara kota itu telah melihat peningkatan 25 negara tambahan selama periode yang sama, mendorongnya naik lima peringkat ke peringkat nomor 1," lanjutnya. Sementara itu, Indonesia berada di peringkat ke 57.

Afghanistan menduduki peringkat sebagai negara dengan paspor paling lemah dengan akses bebas visa hanya ke 27 tujuan, diikuti oleh Yaman, Pakistan, Suriah, dan Irak.

Henley & Partners, konsultan imigrasi yang berbasis di London, menyusun peringkat tahunan menggunakan data dari International Air Transport Association (IATA). Indeks tersebut memeringkat negara berdasarkan jumlah tujuan yang dapat dikunjungi warganya tanpa visa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya