Janji Menkominfo Budi Arie, Proyek BTS 4G Rampung Tahun Ini

Ilustrasi menara BTS.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menargetkan proyek base transceiver station (BTS) 4G rampung di akhir tahun. Sekedar informasi, proyek ini tengah diterpa masalah korupsi.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

"Kalau soal BTS, harus dilanjutkan, harus terwujud, tercipta. Kita menargetkan tahun ini bisa tuntas, selambat-lambatnya tahun ini bisa tuntas semua," ujarnya di Jakarta, Kamis, 20 Juli 2023.

Budi Arie menjelaskan bahwa Kementerian Kominfo terus melakukan invetigasi terkait masalah ini dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

BPK Janji Usut Oknum Auditor yang Palak Kementan Rp 12 Miliar Agar Dapat WTP

Dia menyebut akan melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Agung untuk mengawal kasus korupsi ini karena dikatakannya BTS 4G adalah hak masyarakat dalam memperoleh signal bandwidth.

"Senin kita akan koordinasi dengan Kejaksaan Agung untuk melakukan pengawalan. Karena proses (hukum) biarkan, tapi yang program BTS ini harus terus berjalan karena ini soal hak rakyat memperoleh sinyal 'bandwidth untuk rakyat'," jelasnya.

Temuan Awal KPK: TPPU Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba Capai Rp 100 Miliar

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Budi Arie dilantik pada Senin kemarin, dan langsung ditugaskan untuk merampungkan beberapa hal, salah satunya terkait BTS 4G. Presiden Joko Widodo akan membentuk tim satuan tugas (Satgas) untuk membantu tugas-tugas Kominfo.

Satgas tidak hanya mengurusi masalah BTS, tapi juga mencakup percepatan berbagai isu yang menyangkut ekosistem digital hingga infrastruktur digital. 

Budi Arie juga menjelaskan jangan sampai masyarakat Indonesia tidak mempunyai akses untuk melaksanakan atau menikmati digitalisasi dan perkembangan yang begitu pesat. 

"Saya pikir tantangan kita banyak sekali, ada infrastruktur dan kedua, platform-platform yang meresahkan masyarakat harus dibereskan, ketiga ekonomi digital yang menjadi tanggung jawab Kominfo," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya