Ini Tipe Kepribadian yang Lebih Sukses saat Menggunakan Aplikasi Kencan

Salah satu aplikasi kencan online, Tinder.
Sumber :
  • Her.ie

VIVA Tekno – Kamu berniat untuk terjun ke dunia cinta melalui dating apps atau aplikasi kencan? Nah, sebelum itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, salah satunya adalah tipe kepribadian yang paling mungkin berhasil di aplikasi kencan.

5 Ciri-ciri Anda Terkena Gangguan Kepribadian Narsistik, Haus Akan Pujian

Penelitian telah menunjukkan bahwa ada elemen penting lain yang akan diamati dan dikritik sebelum memberikan lampu hijau atau merah ketika bermain aplikasi kencan, dan ada beberapa tipe kepribadian yang mendapatkan lampu hijau lebih dari yang lain.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality And Individual Difference, orang-orang yang menggunakan aplikasi kencan cenderung lebih memilih calon pasangan yang memiliki tingkat kesamaan dalam tiga ciri utama: keramahan, ketelitian, dan ekstraversi.

Terungkap Kelakuan Ayu Dewi di Rumah, Ternyata Aslinya Begini

Aplikasi kencan

Photo :
  • U-Report
Gambar Pertama yang Dilihat, Bisa Ungkap Pekerjaan Impian Kamu

Penelitian ini dilakukan dengan melihat gagasan yang telah terbukti sebelumnya, bahwa pasangan yang memiliki kepribadian serupa cenderung melaporkan kepuasan hubungan yang lebih besar.

Studi ini tidak hanya mengonfirmasi hal ini, tetapi juga menemukan bahwa kesamaan tiga sifat yaitu keramahan, kesadaran, dan ekstraversi terdaftar sebagai hal yang paling penting untuk kesuksesan hubungan.

Konselor ahli hubungan, Lauren Bradley mengatakan bahwa mencari pasangan dengan ciri-ciri kepribadian yang mirip, terutama yang diidentifikasi oleh penelitian, tidak unik untuk aplikasi kencan tetapi sesuatu yang terbukti lebih luas.

“Ketika harus memilih pasangan, orang biasanya tertarik pada yang hal yang familiar. Orang-orang dengan tingkat keramahan yang tinggi sering kali percaya bahwa orang pada dasarnya baik, mudah percaya, dan menunjukkan empati dan keterhubungan yang kuat dengan orang lain,” jelasnya.

“Orang-orang yang memiliki kesadaran tinggi sering kali adalah perencana yang terorganisir dan bijaksana. Orang yang tingkat kesadarannya rendah seringkali bersifat sporadis, spontan, dan tidak teratur. Perencana dan yang tidak menentu berpotensi membuat satu sama lain gila! Ekstraversi mengacu pada seseorang yang mendapatkan energi saat bersama orang lain, sedangkan mereka yang menilai rendah dalam karakteristik ini sering kali lebih suka ditemani sendiri. Kupu-kupu sosial dan serigala datang dari sisi berlawanan dari etiket sosial,” katanya.

Seksolog Alice Child mengatakan sementara pasangan dengan nilai dan latar belakang sikap yang sama cenderung mengalami keintiman dan koneksi yang lebih langgeng, bahwa beberapa perbedaan kepribadian dapat bermanfaat sebagai “bumbu” di dalam hubungan.

“Beberapa perbedaan kepribadian seringkali penting dalam hubungan intim dan sering kali itulah yang membuat kita tertarik pada orang tersebut! Lagi pula, akan sangat membosankan untuk berkencan dengan diri kita sendiri. Perbedaan juga penting untuk seks dan keintiman yang hebat,” ujar terapis seks Jack Morin.

Ia menambahkan bahwa gairah sama dengan daya tarik plus hambatan, yang berarti kita memerlukan beberapa bentuk ketegangan, kebaruan, atau perbedaan untuk menjaga keintiman dan gairah tetap hidup, katanya.

Bradley setuju dan mengatakan bahwa kepribadian bisa lebih dari hal seksual.

Ini tipe kepribadian yang lebih mungkin sukses saat bermain di ini di aplikasi kencan:

Ekstraversion

Extraversion adalah kelompok individu yang selalu nyaman jika melakukan interaksi dengan orang lain. Kelebihan pada dimensi ini adalah senang bergaul, mudah bersosialisasi, hidup berkelompok dan tegas.

Seseorang yang memiliki extraversion tinggi cenderung memiliki foto orang lain di profilnya di lingkungan sosial dan mungkin akan secara aktif terlibat dalam percakapan bebas.

Agreeableness

Agreeableness adalah seseorang yang mudah akur atau mudah bersepaka. Dimensi kepribadian Agreableness ini adalah individu yang cenderung lebih patuh dengan individu lainnya dan memiliki kepribadian yang ingin menghindari konflik.Kesadaran

Seseorang yang kesadarannya rendah mungkin sangat buruk dalam membalas pesan dan malas mengatur kencan atau lebih memilih untuk 'mengepakkannya'.

Conscientiousness

Dimensi kepribadian conscientiousness ini adalah individu yang penuh dengan kehati-hatian dalam melakukan suatu tindakan ataupun penuh pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan, mereka juga memiliki disiplin diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya