Sedekah Brutal dan Gak Pelit Ilmu, Rahasia Aceng Sunanto Sukses Berbisnis

Pebisnis Majalengka, Aceng Sunanto.
Sumber :
  • Dok Aceng Sunanto.

JAKARTA – Perjalanan sukses setiap orang berbeda-beda. Ada yang harus terseok-seok dan jatuh bangun terlebih dahulu untuk membangun bisnis, tapi ada juga yang beruntung dan berhasil meraih kesuksesan dalam waktu singkat. 

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Hal itu pula yang turut dirasakan Aceng Sunanto, pebisnis asal Majalengka, Jawa Barat. Mengaku terpaksa terjun ke bisnis skincare, nyatanya Aceng, sapaannya, mampu meraih sukses hanya dalam waktu 4 tahun saja. Yuk, scroll untuk mengetahui rahasia suksesnya. 

Bahkan, brand kecantikannya LS Skincare Reborn mendapatkan penghargaan prestisius sebagai  'Top Brand Skincare 2024' dalam ajang 3.0 Award Trends 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesia Award Magazine. 

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Aceng Sunanto selaku founder dan owner, mengucapkan rasa syukurnya atas penghargaan yang diraih. Penghargaan ini didedikasikan kepada seluruh karyawan yang telah bahu-membahu dalam menjadikan brand LS Skincare Reborn menguasai pasar Indonesia. 

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

"Saya dedikasikan penghargaan ini untuk orangtua, dan tim saya yang telah bersama-sama membangun reputasi brand LS Skincare Reborn dikenal secara luas oleh masyarakat," kata Aceng Sunanto ditemui di Aryaduta Menteng Hotel Jakarta, Sabtu 16 Maret 2024. 

Rahasia sukses
Aceng lebih lanjut bercerita mengenai kunci suksesnya dalam berbisnis. Meski awalnya enggan mengaku, Aceng mengatakan sedekah menjadi kunci utamanya dalam meraih kesuksesan. 

"Tapi ini yang dilakukan sedekah brutal, salah satunya anti riba juga, saya bentuk 3 tim itu aja. Karena pernah lihat film Bill Gates berawal dari garasi, kita juga sama. Di sana mindset mulai berubah, bangun tim dulu diusahakan Alhamdulillah dari modal segitu (di bawah Rp10 juta), sekarang kita zero ke bank, tidak ada pinjaman ke bank. Terakhir sedekah brutal," ungkapnya.

Tidak hanya dalam bentuk materi, Aceng juga tak segan membagikan ilmunya pada orang lain. 

"Bukan sekadar materi ya, tapi kaya ilmu teman-teman UMKM yang datang ke kita, saya buka aja. Kalau mau jualan di TikTok triknya ini-ini, kalau Shopee triknya ini-ini, kita buka aja," tuturnya. 

"Karena saya punya prinsip, pola itu bisa di-copy, tapi rezekinya itu tidak bisa di-paste. Itu aja sih yang saya yakini," sambungnya. 

Diakui Aceng, dia tidak pernah pelit membagikan ilmunya terkait strategi berjualan baik secara online maupun offline. Hingga kini, dia pun masih rutin mengikuti workshop, termasuk yang diadakan oleh Helmy Yahya, guna memperkaya ilmunya. 

"Ini karena saya yakin walaupun mahal, investasi ‘leher’ ke atas itu berguna dan nilainya sangat besar. Itu yang dipegang sekarang," ungkapnya. 

Dari awal hanya berdua membangun bisnis skincare ini bersama sang istri, kini total Aceng sudah memiliki 80 orang karyawan. Mengaku terpaksa terjun ke bisnis skincare, dia pun mengungkap alasan mengapa memilih bisnis ini. 

"Karena bisnis yang tidak ada matinya itu ada 3, kecantikan, keuangan sama kesehatan," pungkas Aceng Sunanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya