PR Besar Menkominfo Budi Arie

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadit urut turut hadir dalam acara pembukaan Digital Transformation Indonesia & Expo (DTI-CX) 2023 di Grand Ballroom JIEXPO Convention Centre Theatre.

Coldspace Hadirkan Teknologi Hybrid Cold Fulfillment Warehouse Pertama di Indonesia

Dalam paparannya, ia mengatakan transformasi digital saat ini telah menjadi kebutuhan masyarakat, baik di tingkat lokal maupun global. Dia berkomitmen untuk memperluas akses teknologi digital ke seluruh wilayah Indonesia.

“Bahkan dengan penetrasi internet mencapai 78 persen dari populasi, kita masih merasakan kesenjangan akses teknologi dan konektivitas digital di berbagai dimensi, baik dalam aspek ekonomi, sosial, maupun spasial,” katanya di Jakarta, Rabu, 26 Juli 2023.

Perusahaan Ini Berani Mengubah Model Teknologi

Lebih lanjut dia mengatakan, transformasi digital perlu digalakkan secara kolaboratif agar dampak dan manfaatnya dapat dirasakan secara inklusif dan berkelanjutan.

Kementerian Kominfo tidak hanya sebagai regulator, namun juga sebagai fasilitator dan akselerator transformasi digital. Agendanya mencakup infrastruktur digital, tata kelola pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.

Keajaiban Teknologi! LVAD Selamatkan Nyawa Penderita Gagal Jantung yang Hampir Putus Asa

Digital Transformation Indonesia Conference & Expo (DTI-CX) 2023.

Digital Transformation Indonesia Conference & Expo (DTI-CX) 2023.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

"Kami akan berusaha maksimal mewujudkan sejumlah program pemerintah terkait transformasi digital di Indonesia. Bentuk percepatan penyediaan dan pemerataan infrastruktur digital akan diwujudkan dalam beberapa bentuk," katanya.

Program yang dicanangkan termasuk optimalisasi pemanfaatan daya spektrum frekuensi, penuntasan analog switch off (ASO), dan perluasan jaringan 5G di beberapa wilayah Indonesia.

Infrastruktur menjadi salah satu bagian dari upaya implementasi transformasi digital nasional yang tengah diupayakan oleh pemerintah. "Saya berharap dapat menyelesaikan agenda tersebut dengan sisa waktu jabatan 15 bulan ke depan," imbuhnya.

Ia juga memberikan perhatian besar pada percepatan penuntasan beberapa regulasi prioritas, seperti penyiapan kebijakan implementasi jaringan 5G, penyusunan rancangan regulasi terkait publisher rights, dan penyiapan kelembagaan perlindungan data pribadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya