Operator Seluler Kena Imbas Tahun Politik

Presiden Direktur and CEO XL Axiata Dian Siswarini.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, tahun politik akan memberikan perubahan pada sektor telekomunikasi dan makro ekonomi.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

"Trafik penggunaan data pada sektor telekomunikasi akan lebih intens karena masifnya kampanye yang dilakukan," katanya di Jakarta, Senin, 31 Juli 2023.

Diakui Dian bahwa akan ada peningkatan trafik, namun masih jauh lebih tinggi pada saat momen mudik dan IdulFitri serta Natal dan Tahun Baru.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Sementara itu, Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa juga mengatakan bahwa trafik pada tahun politik tidak pernah dihitung secara khusus.

"Biasanya cuma Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Tahun politik akan berpengaruh kalau ada kampanye di spot khusus seperti GBK. (Gelora Bung Karno). Itu saja yang berbeda dari tahun biasa," imbuhnya.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

XL Axiata.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Jadi XL Axiata akan berfokus untuk meningkatkan kualitas dan kelancaran jaringan pada tempat-tempat yang biasa dipakai untuk kampanye, misalnya Gelora Bung Karno.

Upaya peningkatan kualitas yang terus dilakukan XL Axiata telah berhasil meningkatkan performa jaringan dan pengalaman pelanggan.

Komitmen XL Axiata memperkuat jaringan tercermin dari pengalokasian belanja modal (Capex) sebesar Rp8 triliun, yang mayoritas untuk mendukung kebutuhan ekspansi jaringan.

Hingga akhir Juni 2023, total jumlah BTS (base transceiver station) XL Axiata mencapai 150.261 BTS (2G & 4G), dengan jumlah BTS 4G sebanyak 97.125 ribu unit.

Jumlah BTS 4G ini tumbuh 9,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 59 persen (fiberized).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya