Elon Musk Bangun Super-app, Mau Tiru WeChat China

Logo X Twitter.
Sumber :
  • AFP

VIVA Tekno – Elon Musk telah lama ingin membangun X.com menjadi super-app atau aplikasi super. Seperti yang dijelaskan oleh Walter Isaacson, yang sedang menulis biografi Musk, ketika meluncurkan bank online X.com pada 1999, konsep awalnya adalah mengubah situs web menjadi toko serba ada untuk semua kebutuhan keuangan.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Perusahaan itu pada akhirnya dikenal sebagai PayPal, tempat Musk mencoba untuk mengembalikan nama X, tapi kemudian gagal, mengutip dari situs The Verge, Senin, 31 Juli 2023.

Pada 2023, X.com hadir kembali, dimaksudkan sebagai pengganti Twitter dengan misi yang lebih besar, "Dalam beberapa bulan mendatang, kami akan menambahkan komunikasi yang komprehensif dan kemampuan untuk menjalankan seluruh dunia keuangan Anda," tulisnya.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Dia melanjutkan, nama Twitter tidak masuk akal dalam konteks itu, jadi perusahaan harus mengucapkan selamat tinggal pada logo burung itu.

CEO Twitter, Linda Yaccarino menggambarkan visi untuk aplikasi. Tapi isinya telah jauh melampaui platform microblogging yang pernah terasa seperti denyut nadi internet.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

"X adalah keadaan interaktivitas tak terbatas di masa depan – berpusat pada audio, video, perpesanan, pembayaran/perbankan – menciptakan pasar global untuk ide, barang, layanan, dan peluang,” tweet Yaccarino.

Didukung oleh AI (artificial intelligence), X akan menghubungkan kita semua dengan cara yang baru. Deskripsi Musk tentang arah Twitter bahkan lebih sederhana. Tujuannya adalah untuk 'mengubah' jejaring sosial menjadi X, super app.

WeChat.

Photo :
  • Jing Daily

Tapi, aplikasi X ini masih fiksi. Bahkan sebelum dia secara resmi mengambil alih perusahaan, dia berkeinginan mengubah Twitter menjadi sesuatu seperti WeChat, aplikasi yang hampir ada di mana-mana di China yang menawarkan banyak layanan selain media sosial.

Pergerakan produk Twitter di bawah kepemilikan Musk telah menjadi langkah ke arah Super App dan ada petunjuk bahwa lebih banyak lagi yang sedang dikerjakan.

Pada Mei 2022, tak lama setelah Musk menunda kesepakatannya untuk Twitter, dia membahas kekagumannya pada WeChat di All-In Podcast.

"Bagi mereka yang telah menggunakan WeChat, menurut saya WeChat sebenarnya adalah model yang bagus. Jika Anda berada di China, Anda seperti tinggal di WeChat. Itu melakukan segalanya," ungkap Musk.

Ini seperti Twitter plus PayPal yang digabungkan menjadi satu dengan antarmuka yang benar-benar hebat. Ini benar-benar aplikasi yang luar biasa. Menurut Musk kita tidak memiliki hal seperti itu di luar China.

Fitur tersebut termasuk aplikasi mini yang dibuat oleh pengembang, membuka kemampuan WeChat secara signifikan. X sendiri sudah bereksperimen dengan mengizinkan organisasi terverifikasi (yang membayar untuk diverifikasi) memposting daftar pekerjaan.

CEO Tesla dan SpaceX ini juga terbuka tentang visinya untuk menjadikan X tempat di mana uang mengalir. Pada pertemuan pertamanya dengan karyawan perusahaan setelah secara resmi mengambil kepemilikan Twitter, misalnya, Musk mengatakan ada peluang transformatif dalam pembayaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya