Semburan Lubang Hitam Supermasif sampai ke Bumi

Ilustrasi lubang hitam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Sebuah misi NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa) telah mengamati lubang hitam supermasif yang mengarahkan jetnya langsung ke Bumi. Namun, jangan panik dulu. Betapapun menakutkannya peristiwa kosmik ini, itu terletak pada jarak yang sangat aman sekitar 400 juta tahun cahaya.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Lubang hitam supermasif yang aktif dikelilingi oleh piringan materi yang berputar-putar, disebut piringan akresi yang secara bertahap memberi makan mereka dari waktu ke waktu. 

Beberapa materi yang tidak mereka telan kemudian disalurkan ke kutub, yang kemudian diledakkan dengan kecepatan mendekati cahaya atau relativistik, menurut situs Live Science, Senin, 31 Juli 2023.

Kapan Bumi Kiamat?

Ini menciptakan radiasi elektromagnetik yang sangat energik dan sangat terang. Dalam beberapa kasus, seperti model terbaru NASA, jet itu diarahkan langsung ke Bumi. Peristiwa itu dikenal sebagai blazar.

Blazar yang diberi nama Markarian 421 ini terletak di konstelasi Ursa Major, diamati dengan Imaging X-ray Polarimetry Explorer (IXPE) NASA, yang diluncurkan pada Desember 2021. 

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

IXPE mengamati sifat medan magnet yang disebut polarisasi, yang mengacu pada medan orientasi. Polarisasi jet yang diledakkan oleh Markarian 421 mengungkapkan kejutan bagi para astronom, menunjukkan bahwa bagian jet, tempat partikel dipercepat juga merupakan rumah bagi medan magnet dengan struktur heliks.

Jet Blazar dapat melintasi ruang angkasa selama jutaan tahun cahaya. Tetapi mekanisme yang meluncurkannya belum dipahami dengan baik. Namun, penemuan baru seputar jet Markarian 421 ini dapat menjelaskan fenomena kosmik ekstrem ini.

"Markarian 421 adalah teman lama bagi para astronom berenergi tinggi," kata pemimpin peneliti di belakang penemuan dan astrofisikawan Badan Antariksa Italia, Laura Di Gesu dalam sebuah pernyataan.

Dia yakin blazar akan menjadi target yang berharga untuk IXPE. Penemuannya berhasil menunjukkan bagaimana polarimetri sinar-X memperkaya kemampuan peneliti untuk menyelidiki geometri medan magnet yang kompleks dan percepatan partikel di berbagai wilayah jet relativistik.

Lubang hitam atau black hole.

Photo :
  • Russia Today

Alasan utama pancaran yang memberi makan lubang hitam supermasif begitu terang adalah karena partikel yang mendekati kecepatan cahaya mengeluarkan energi yang sangat besar dan berperilaku sesuai dengan teori relativitas khusus Einstein. 

Jet Blazar juga mendapat dorongan ekstra untuk kecerahan seperti itu karena orientasi mereka, menyebabkan panjang gelombang cahaya yang terkait dengan jet berkumpul, sehingga meningkatkan frekuensi dan energi.

Ini mirip dengan bagaimana gelombang suara dari sirene ambulans yang mendekat berkumpul, menyebabkan peningkatan frekuensi yang membuatnya terdengar lebih bernada tinggi. 

Sebagai akibat dari dua efek ini, blazar seringkali dapat mengungguli cahaya gabungan dari setiap bintang di galaksi yang menampungnya. 

Sekarang IXPE telah menggunakan cahaya itu untuk melukiskan gambaran fisika yang terjadi di jantung jet Markarian 421, bahkan mengidentifikasi titik asal pancaran cahaya tersebut.

Sebelumnya, model jet blazar mengisyaratkan bahwa mereka disertai oleh medan magnet heliks, hampir seperti DNA dalam sel hidup, kecuali beruntai tunggal. Apa yang tidak diprediksi, bagaimanapun, adalah fakta bahwa heliks magnetik akan menampung area di mana partikel dipercepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya