Hidup Astronot Dalam Bahaya

Astronot bekerja di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Sumber :
  • SpaceNews

VIVA Tekno – Ruangan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mengandung lebih banyak partikel kimia berbahaya dibandingkan dengan nilai median di Bumi, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Science and Technology Letters.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Penemuan menjelaskan jenis dan jumlah 'Kontaminan Organik Persisten' yang ditemukan dalam sampel debu yang diambil dari ISS, menyoroti potensi yang membawa kontaminan tersebut ke atas permukaan rendah Bumi.

Studi tersebut mengatakan bahwa udara ISS mengandung tingkat senyawa tahan api yang lebih tinggi dari rata-rata seperti polybrominated diphenyl ethers (PBDEs), novel brominated flame retardant (NBFR), dan hexabromocyclododecane (HBCDD). 

Kapan Bumi Kiamat?

Tingkat yang lebih tinggi dari hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), merupakan unsur kimia yang dilepaskan oleh pembakaran bahan bakar hidrokarbon, juga terdeteksi di sana menurut situs Tech Spot, Senin, 21 Agustus 2023.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa debu ISS tercemar dengan polychlorinated biphenyls (PCBs), yakni senyawa kimia yang sangat karsinogenik, dilarang di AS oleh Toxic Substances Control Act tahun 1976. 

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

PFAS, PFOA, dan produk kimia lainnya juga ditemukan dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan nilai median yang terdeteksi di rumah AS dan banyak negara Eropa.

Para crew astronot Apollo 7

Photo :
  • NASA

Bagaimana senyawa kimia berbahaya ini sampai ke ISS? Stuart Harrad, profesor Kimia Lingkungan di University of Birmingham dan salah satu penulis studi tersebut, memberikan beberapa penjelasan potensial. 

"Banyak dari apa yang kita lihat di ISS berasal dari 'barang-barang siap pakai' yang dibawa oleh para astronot," kata Harrad. 

Menurutnya benda-benda ini mengandung penghambat api organik yang digunakan dalam peralatan listrik di Bumi, yang kemudian ditemukan di sampel ISS yang dikembalikan ke tanah.

Selain itu, tamu ISS memiliki kebiasaan bersih-bersih aneh yang dapat menghasilkan konsentrasi beberapa senyawa kimia yang lebih tinggi. 

Penyedot debu di sana misalnya, sering digunakan setelah percobaan dilakukan. Menyedot permukaan dan udara secara teratur kemungkinan membantu penyebaran lebih lanjut dari bahan kimia tersebut.

Meskipun sampel ISS mengandung senyawa kimia yang lebih tinggi dari rata-rata, masih potensi astronot masih terkena paparan bahan kimia seperti yang dialami warga AS. 

Untuk misi luar angkasa di masa depan ke Mars dan luar angkasa, sebaiknya untuk meminimalkan jumlah kontaminan berbahaya untuk menghindari risiko kesehatan yang lebih tinggi bagi astronot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya