2010, Pasar Komputer Asia Tumbuh 20%

PC desktop All in One dari MSI
Sumber :
  • msi.com

VIVAnews - Gartner, lembaga riset teknologi informasi asal Amerika Serikat, memprediksi pasar PC (personal computer) di kawasan Asia Pasifik akan tumbuh sekitar 20,3 persen di tahun 2010.

Pada akhir tahun nanti, PC yang dikapalkan ke Asia Pasifik diperkirakan menyentuh 114,6 juta unit.

Sementara itu, Gartner juga memproyeksi pengeluaran atau belanja PC pada tahun ini meningkat 12,4 persen, meningkat tajam dibandingkan tahun 2009 yang hanya mencatat pertumbuhan belanja 2,9 persen. Hal ini disebabkan pengaruh krisis ekonomi global dan harga jual rata-rata untuk PC meningkat.

"Pertumbuhan PC di Asia Pasifik secara menyeluruh cukup kuat pada 2009. Tetapi, di India dan pasar-pasar negara maju tidak mencatat penetrasi PC yang tinggi," ujar Lilian Tay, analis prinsipal Gartner, Rabu 7 Juli 2010.

"Namun, kondisi ekonomi global yang membaik akan merangsang para investor untuk kembali berinvestasi di 2010, terutama di negara-negara maju seperti Taiwan, Korea Selatan, dan Singapura. Demikian pula di India, pembeli kini lebih yakin untuk berbelanja," jelas Tay.

Menarik untuk diketahui, Gartner memperkirakan China mengambil porsi 60 persen dari total pengapalan PC di Asia Pasifik, dan 19 persen dari total PC secara global tahun ini.

Dalam kurun waktu 2009-2014, pasar PC Asia Pasifik sangat menjanjikan dengan pertumbuhan rata-rata tahunan mencapai 15,7 persen. Pasar-pasar di negara berkembang akan memimpin pertumbuhan tersebut, terutama di China dan India.

Pasar Asia Selatan dan Tenggara, termasuk Indonesia, Filipina, dan Vietnam juga diproyeksi akan menyumbang pertumbuhan besar. "Di pasar-pasar negara maju, kami memprediksi adanya pertumbuhan lebih kuat pada tahun 2010 dan 2011," ucap Tay.

Detik-detik Penangkapan Epy Kusnandar dan Yogi Gamblez karena Pakai Ganja

"Hal ini didorong membesarnya budget belanja TI dan adopsi Windows 7 secara besar-besaran sehingga perlu adanya peremajaan PC secara masif," pungkasnya. (hs)

Jemaah calon haji kota tangerang

430 Jemaah Calon Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci

Sebanyak 430 jemaah calon haji atau JCH asal Kota Tangerang, Banten, siap diberangkatkan pada Sabtu, 11 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024