WhatsApp Siap Jadi Platform 'Sejuta Umat'

WhatsApp.
Sumber :
  • Corriere

VIVA Tekno – WhatsApp dilaporkan lagi mengembangkan fitur Third-party Chat atau Obrolan Pihak Ketiga. WABetaInfo menyebut bahwa ini bisa menjadi petunjuk kuat bahwa Meta akan membuat aplikasi pesan instan ‘sejuta umat’ atau kompatibel untuk lintas platform.

WhatsApp Ogah Tunduk Sama UU, Menantang Pemerintah

Versi beta ini hadir hanya beberapa hari setelah Komisi Eropa mengonfirmasi bahwa pemilik WhatsApp memenuhi definisi sebagai 'penjaga gerbang' berdasarkan Undang-Undang Pasar Digital (DMA) UE.

Menurut situs The Verge, Selasa, 12 September 2023, regulasi tersebut mewajibkan perangkat lunak komunikasi seperti WhatsApp untuk berinteroperasi dengan aplikasi perpesanan pihak ketiga pada Maret 2024.

3 Kali Bos Microsoft Satya Nadella ke Indonesia, Semuanya Ketemu Jokowi

Adapun tujuannya adalah untuk menjaga agar para penjaga gerbang 'tidak menerapkan ketentuan yang tidak adil' dan untuk 'memastikan keterbukaan layanan digital yang penting'.

Selain mendiktekan bahwa aplikasi perpesanan harus saling beroperasi, DMA mengharuskan penjaga gerbang mengizinkan pengguna menghapus aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya atau berbelanja di toko aplikasi alternatif.

iPhone 16 May Apply New Design for Its Buttons

Pesan video di WhatsApp.

Photo :
  • Tangkapan layar WhatsApp

Meta dan Microsoft merencanakan toko aplikasi seluler mereka sendiri sebagai respons terhadap DMA. Komisi Eropa sedang menyelidiki apakah iMessage Apple dan mesin pencari Bing Microsoft, browser Edge, dan layanan periklanan memenuhi standar peraturan baru tersebut.

Beberapa minggu yang lalu, WhatsApp mulai meluncurkan fitur Pesan Video Instan baru yang memungkinkan pengguna mengirim pesan video dengan mudah hanya dengan menekan satu tombol.

Namun, fitur ini mengganggu beberapa pengguna karena berfungsi dengan tombol yang sama untuk mengirim pesan audio. Kini anak perusahaan Meta itu menerapkan opsi yang memungkinkan pengguna menonaktifkan Pesan Video Instan.

Secara default, pengguna dapat mengetuk ikon mikrofon di obrolan WhatsApp untuk beralih antara pesan audio dan video. Namun karena itu, beberapa pengguna salah mengirimkan pesan video padahal ingin mengirim pesan audio.

Untuk menghindari lebih banyak situasi seperti ini, Pesan Video Instan akan menjadi opsional pada pembaruan WhatsApp di masa mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya