Astronot Nangis Lihat Ini dari Luar Angkasa

Bumi dilihat dari luar angkasa.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Keberlanjutan Bumi harus dijaga demi kehidupan makhluk hidup. Sayangnya, planet kita yang semakin tua dan tercemar membuat Bumi semakin mengkhawatirkan. Pemandangan Bumi dari luar angkasa membuat para astronot menangis.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kerap mengirimkan astronot ke luar angkasa. Salah satunya adalah Megan McArthur, ditugaskan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Bumi yang selama ini terlihat biru dan indah dari luar angkasa, menunjukkan penampakan yang berbeda. Pemandangan dari atas sudah tidak seindah dulu, membuat McArthur menangis.

Kapan Bumi Kiamat?

Dia mengungkapkan kesedihannya saat melihat kebakaran hutan yang terjadi di banyak tempat. Beberapa lokasi kebakaran bisa dilihat dengan mata telanjang dari luar angkasa.

Bagian permukaan bumi yang seharusnya tampak hijau ditumbuhi pepohonan justru terlihat hangus dan berasap. Kehancurannya nampaknya sangat memprihatinkan, mengutip laman Business Insider, Kamis, 14 September 2023.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

“Kami sangat sedih melihat kebakaran di sebagian besar Bumi, tidak hanya di Amerika Serikat (AS),” kata Megan McAthur dalam sebuah wawancara.

Dia menambahkan, para ilmuwan dunia telah menyembunyikan 'alarm' selama bertahun-tahun. Bahkan, sang astronot menilai perubahan Bumi merupakan peringatan keras bagi semua pihak.

Astronot bekerja di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Photo :
  • SpaceNews

“Ini adalah peringatan bagi seluruh komunitas global. Dibutuhkan seluruh komunitas global untuk menghadapi dan mengatasi tantangan ini,” katanya.

Penampakan Bumi hangus dari luar angkasa sebenarnya sudah terdeteksi beberapa waktu lalu. Ada sejumlah wilayah di muka Bumi yang terkena dampak kebakaran hutan.

Area tersebut menunjukkan bentuk awan asap dengan proporsi astronomis dari luar angkasa. Wilayah terdampak kebakaran hutan tersebar mulai dari Siberia, Yunani, Spanyol, hingga wilayah barat laut Pasifik.

Turki menjadi salah satu negara yang paling parah terkena dampak kebakaran hutan. AS juga juga berjuang untuk memadamkan kebakaran hutan.

Tak hanya kebakaran hutan, Bumi juga terancam berbagai permasalahan lingkungan lainnya, seperti penggundulan hutan. Deforestasi saat ini dilaporkan meningkat.

Hutan yang berfungsi sebagai paru-paru dunia dibuka lahannya untuk dimanfaatkan untuk keperluan lain, seperti pertanian, peternakan, bahkan pemukiman atau perkotaan.

Salah satu hutan yang terancam deforestasi adalah hutan hujan Amazon yang terletak di Brazil. Foto udara menunjukkan bahwa hutan Amazon terus mengalami pengurangan lahan secara drastis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya