Supaya Selalu Sehat dan Segar, Kapan Waktu Wajib Sikat Gigi?

Ilustrasi sikat gigi.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Sikat gigi adalah kebiasaan sehari-hari yang mendasar untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi yang baik. Namun, apakah kamu tahu kapan saja  waktu yang tepat untuk menyikat gigi?

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai kapan saja waktu-waktu wajib untuk sikat gigi dan mengapa melakukan kebersihan mulut ini sangat penting.

1. Setelah Sarapan Pagi

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Ilustrasi sikat dengan pasta gigi arang

Photo :
  • instagram.com/dentist_kush

Sikat gigi setelah sarapan adalah kebiasaan yang sangat dianjurkan. Karena saat kamu tidur, bakteri di mulut berkembang biak. Setelah sarapan, sisa-sisa makanan dan minuman yang tersisa dapat menjadi makanan bagi bakteri ini. Sikat gigi setelah sarapan membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut dan masalah kesehatan gigi.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

2. Sebelum Tidur Malam

Ilustrasi sikat gigi

Photo :
  • Pixabay

Sikat gigi sebelum tidur adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan gigi. Selama tidur, produksi air liur berkurang, sehingga mulut menjadi lebih asam dan rentan terhadap kerusakan gigi. Membersihkan gigi sebelum tidur membantu melindungi gigi dari kerusakan yang disebabkan oleh bakteri dan asam.

3. Setelah Makan Manis atau Asam

Sikat gigi pakai pasta gigi

Photo :
  • Pixabay/stevepb

Jika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula atau asam, seperti permen atau minuman berkarbonasi, sangat penting untuk segera menyikat gigi setelahnya. Gula dan asam dapat merusak enamel gigi, dan sikat gigi setelah mengonsumsinya membantu menghindari kerusakan lebih lanjut.

4. Sebelum dan Sesudah Berkencan

ilustrasi gigi.

Photo :
  • pixabay/pexels

Jika kamu memiliki rencana berkencan atau pertemuan penting, menjalani sikat gigi sebelumnya adalah ide yang baik. Itu membantu memastikan napasmu segar dan memberikan kepercayaan diri dalam berkomunikasi dengan orang lain. Setelah berkencan, sikat gigi adalah langkah yang penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah masalah mulut.

5. Saat Merasa Gigi Kotor atau Berkerak

Ilustrasi gigi berlubang

Photo :
  • teruniknews.blogspot.co.id

Jika kamu merasa gigi sedang kotor atau berkerak, tidak ada salahnya untuk menyikat gigi lebih sering daripada biasanya. Ini membantu menjaga gigi tetap bersih dan bebas dari plak, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi seperti karies dan penyakit gusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya