Ketersediaan Informasi Kesehatan di Era Digital, Bukti Penjangkauan Komunitas Puskesmas Cakung

Puskesmas Cakung
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Trending – Pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi di bidang informasi, menciptakan banyak perubahan. Teknologi menuntut penyebaran informasi cepat, mudah dan murah.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Sebuah jurnal yang berjudul “Potret Media Informasi Kesehatan Bagi Masyarakat Urban di Era Digital” (2017) mengatakan bahwa informasi yang mudah didapatkan melalui internet, televisi dan radio, penyebarannya cepat dan peluang masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan menjadi lebih baik.

Puskesmas Cakung

Photo :
  • Istimewa
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Kemudian, perkembangan teknologi komunikasi, internet dikatakan sebagai new media. New media adalah teknologi yang mengandalkan internet dalam menghubungkan komunikasi dengan publik dan internet memberikan kemudahan dalam memperbanyak komunikasi. Internet adalah peluang dalam manusia untuk mendapatkan informasi dengan lebih cepat.

Instagram sebuah aplikasi sosial yang populer dalam kalangan pengguna telefon pintar (Smartphone). Nama Instagram diambil dari kata insta (berasal dari instan) dan gram dari kata telegram.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Dari penggunaan kata tersebut dapat diartikan Instagram sebagai aplikasi untuk mengirimkan informasi dengan cepat, yakni dalam bentuk foto yang berupa mengelola foto, mengedit foto, dan berbagi (share) ke jejaring sosial yang lain.

Dengan adanya sosial media instagram, perusahaan atau lembaga dapat mempublikasikan kepentingan mereka secara luas, cepat dan hemat biaya, hal ini menjadikan instagram sebagai publikasi untuk kegiatan perusahaan, promosi, event, dan pemberitahuan lainnya.

Dengan demikian Puskesmas Kecamatan Cakung menggunakan instagram sebagai media publikasi guna meningkatkan layanan masyarakat di Puskesmas Kecamatan Cakung melalui akun instagram @pkmcakung.

Instagram Puskesmas Cakung

Photo :
  • Tangkapan Layar VIVA

Puskesmas Kecamatan Cakung adalah merubah cara komunikasi atau publikasi yang digunakan. Jika sebelumnya publikasi dilakukan melalui pamflet, brosur, majalah, banyaknya pengguna akun instagram maka Puskesmas Kecamatan Cakung menambahkan instagram sebagai salah satu media publikasinya untuk menjangkau target. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari pengelola akun @pkmcakung, yaitu:

“Mengapa kami pakai instagram buat publikasinya, kita pasti mengikuti Tren sekarang, sekarang masyarakat mereka lebih suka menggunakan smart phone dan aplikasi internet lainnya. maka dari itu kami juga mengubah cara kita berkomunikasi. Caranya, kontennya maupun bagaimana kami menjangkau masyarakat, yang tadinya kita hanya menggunakan pamflet, brosur, majalah, kami juga ikut berkembang bersama masyarakat. Karena itu, kami melihat apa media sosial yang lagi hits sekarang, yang menjangkau publikasi kami, dan setelah kita amati ternyata masyarakat sekarang banyak yang menggunakan instagram sebagai sosial media mereka. Jadi kami memakai instagram sebagai salah satu media publikasi kami.” Tulis penjelasan pengelolal akun.

Hal ini, dapat disebutkan Puskesmas Kecamatan Cakung sangat efektif dalam memanfaatkan media sosial instagram sebagai alat publikasi agar dapat lebih berinteraksi dan meningkatkan Penjangkauan Komunitas dan pelayanan masyarakat di lingkungan Kecamatan Cakung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya