Apakah TikTok Shop Masih Bisa Dipakai?

Ilustrasi penjualan online.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menggelar rapat terbatas membahas perniagaan sistem elektronik atau digital di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 25 September 2023.

Ace Hardware Indonesia Cetak Laba Rp 204,82 Miliar pada Kuartal I-2024

Hasilnya, social commerce nantinya hanya diperbolehkan memfasilitasi promosi barang atau jasa. “Barusan rapat ini sebetulnya mengenai temanya pengaturan perdagangan elektronik khususnya social commerce, sudah disepakati besok,” kata Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan di Kompleks Kepresidenan Jakarta pada Senin, 25 September 2023. 

Harga Emas Hari Ini 8 Mei 2024: Produk Antam Merosot, Global Bervariasi

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan

Photo :
  • Istimewa

Menurutnya, telah disepakati Revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 Tahun 2020 tentang ketentuan perizinan usaha, periklanan, pembinaan, dan pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik.

IHSG Dibayangi Konsolidasi Wajar Jelang Rilis Data Cadangan Devisa

“Sudah disepakati Permendag revisi Permendag 50/2020 akan kita tandatangani. Ini sudah dibahas berbulan-bulan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Zulhas pun mengungkap hasil yang dibahas dalam rapat terbatas dengan Presiden Jokowi. Pertama, isinya social commerce hanya boleh memfasilitasi promosi barang atau jasa, sehingga tidak boleh transaksi langsung atau bayar langsung.

“Dia hanya boleh promosi, seperti TV ya. TV kan iklan boleh, tapi enggak bisa terima uang. Dia semacam platform digital. Tugasnya mempromosikan,” jelas Ketua Umum PAN ini.

Kemudian, kata dia, revisi Permendag nanti akan mengatur soal penjualan barang dari luar negeri dan minimal transaksi pembelian barang impor juga akan diatur.

TikTok Shop masih dipakai?

Minyak goreng subsidi Minyakita masih dijual di TikTok Shop.

Photo :
  • Tangkapan layar TikTok Shop

Berdasarkan penelusuran, TikTok Shop pada Senin malam, 25 September 2023, masih bisa digunakan. Para penjual masih bisa menjual barang-barang yang dipromosikan lewat live TikTok. Pembeli pun juga masih bisa melakukan chek out barang yang dipromosikan dan langsung membayarnya.

Pantauan dari live TikTok menjelaskan bahwa mereka menjual barang seperti celana, baju, jas, parfum, dan lainnya. Bahkan, artis Siti Badriah bersama sang suami juga masih jualan di TikTok. Siti Badriah dan suaminya menjual produk kecantikan. Live nya ditonton lebih dari dua ribu.

Beberapa TikTokers yang juga jualan di TikTok Shop mengaku merasa dirugikan dengan penghapusan TikTok Shop. Sebab, mata pencahariannya dari TikTok Shop.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya